ADSENSE1

ASTAGFIRULLAHALADZIM, Ternyata 5 Jalan Menuju Neraka ini Banyak Diminati Orang

  

sumber foto : dream

Hidup ini adalah pilihan. Pilihan yang akan mengantarkan kita ke tempat yang abadi kelak yaitu di surga atau di neraka.

Jika kita memilih untuk berbuat keburukan, maka tempat kita kelak adalah di neraka. Dan sebaliknya jika kita memilih untuk berbuat kebaikan, maka tempat kita kelak adalah di surga

Di surga manusia akan mendapatkan segala macam kenikmatan dan keindahan hidup, yang bahkan tak pernah dirasakan di dunia sekalipun.

Sedangkan di neraka manusia akan merasakan kesengsaraan dan siksaan yang amat pedih, bahkan lebih sakit lagi dari hidup sengsara di dunia.

Namun meskipun begitu, banyak orang yang memilih ke jalan neraka. Terutama 5 jalan menuju ke neraka ini yang sangat banyak diminati oleh manusia.

Kelak di Hari Kiamat, ada dialog amat menarik antara penghuni surga dengan penghuni neraka. Keduanya terlibat perbincangan amat nyata yang seharusnya menjadi perhatian kaum Muslimin dan umat manusia. Di antara dialog tersebut, para penghuni surga bertanya kepada penghuni neraka, “Amalan apa yang menjadikan sebab bagimu hingga dimasukkan ke dalam neraka?”

Dari sekian banyak dialog tersebut, ada satu fragmen yang amat jelas sebagaimana disebutkan dalam surat al-Mudatstsir [74] ayat 42-47. Dalam rangkaian ayat tersebut, penghuni neraka mengetahui sebab keterjerumusannya hingga menikmati siksa tak terperi.

Apa sajakah itu ? Simak ulasannya yang berikut ini,

1. Tidak Mendirikan Shalat

Sholat merupakan amalan pertama yang akan dihisab sebelum amalan lainnya. Bila shalat itu baik, maka baik pula seluruh amalannya. Namun bila shalat itu buruk, buruk pula amalan lainnya. Sholat ini adalah pembatas antara keimanan dan kekafiran. Orang yang tidak mendirikan sholat, maka ia akan jadi penghuni neraka

Namun apa yang terjadi saat ini? Dengan mudahnya mereka meninggalkan shalat wajib tanpa merasa berdosa. Padahal, dosa meninggalkan 1000 kali lebih besar dibanding perbuatan zina.

Dalam surat al-Mudatstsir:43 para penghuni neraka menjawab pertanyaan penghuni surga perihal kenapa mereka masuk neraka.

“Dahulu, kami tidak termasuk orang-orang yang mendirikan shalat.” (Qs. al-Mudatstsir [74]: 43)

“Rasulullah SAW, diperlihatkan pada suatu kaum yang membenturkan kepala mereka pada batu, Setiap kali benturan itu menyebabkan kepala pecah, kemudian ia kembali kepada keadaan semula dan mereka tidak terus berhenti melakukannya. Lalu Rasulullah bertanya: “Siapakah ini wahai Jibril”? Jibril menjawab: “Mereka ini orang yang berat kepalanya untuk menunaikan Sholat fardhu”. (Riwayat Tabrani).

2. Tidak Memberi Makan Orang yang Miskin

Jalan yang tidak sepi peminat kedua adalah tidak memberi makan orang miskin. Kecintaan terhadap dunia membuat manusia melupakan masalah sosialnya. Kesibukannya hanya mencakup dirinya sendiri sehingga tidak memikirkan orang lain. Padahal mereka mampu dan diberi kelebihan rezeki untuk berbagi.

Kelebihan rezeki yang dimiliki baik berupa harta dan jabatan, justru hanya menjadi benih-benih kesombongan di dalam hati. Keinginan untuk dihargai membuatnya merendahkan orang yang tidak memiliki kelebihan layaknya dirinya. mereka merasa lebih baik, lebih beruntung, dan layak mendapatkan kemuliaan dunia, padahal semuanya hanya dititipkan kepadanya.

Rajin sholat tapi tidak dibarengi dengan kebaikan lainnya juga tidak akan bisa masuk surga. Jadi, selain sholat kamu juga harus memberi makan orang miskin. Memberi makan orang miskin termasuk ibadah yang sangat besar pahalanya.

3. Bicara yang Bathil

Pembicaraan yang batil juga menjadi jalan menuju neraka yang banyak diminati. Dimana pun berada, tidak lupa untuk melakukan pembicaraan yang sia-sia dan batil. Bahkan terkadang menambah-nambahkan kebenaran hingga akhirnya menimbulkan fitnah.

“Dan adalah kami membicarakan yang bathil bersama orang-orang yang membicarakannya.” (QS Al Mudatstsir 45)

Bicara yang bathil adalah jalan menuju ke neraka. Mereka yang menggunakan lisannya untuk mendustakan ayat-ayat Allah adalah mereka yang rugi. Mereka membuat lisannya penuh dengan kejahatan dimana seharusnya mereka isi dengan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

4. Mendustakan Hari Pembalasan

Orang yang mendustakan hari pembalasan akan berfikir bahwa dunia adalah selamanya. Padahal ini merupakan rukun iman yang wajib dipercayai. Karena tanpa percaya adanya hari pembalasan, seorang muslim tidak akan pernah utuh imannya.

Mereka lupa untuk mengumpulkan bekal akhiratnya. Hingga akhirnya dijebloskan ke dalam neraka.

Sayyid Quthb berkata, “Orang yang mendustakan hari pembalasan niscaya rusaklah semua timbangan, goncanglah tata niai menurut ukurannya dan sempitlah lapangan kehidupan dalam perasaannya.”

Orang yang mengingkari hari pembalasan adalah orang yang telah melampaui batas. Ia seakan berpikir bahwa dunia yang saat ini ditempati akan kekal selama-lamanya. Ia hanya mengisi hidupnya dengan berbagai kesenangan dunia yang sementara.

5. Tidak Bertaubat

Mereka yang hidup dalam kelalaian tanpa pernah mengingat untuk bertaubat sedikitpun sampai ajal menjemput. Padahal Allah adalah Rabb yang maha penerima Taubat. Allah pula maha Pengampun dari dosa yang dilakukan oleh hambaNya yang hina. Rugilah mereka yang menyia-nyiakan hidupnya hanya untuk dunia sesaat.

Manusia berpikir bahwa dosanya masih sedikit. Sehingga enggan bertaubat kepada Allah hingga ajal menjelang. Padahal, setiap hari manusia tidak luput dari dosa besar maupun kecil.

Namun kalimat istigfar susah sekali keluar dari lisan. Inilah yang membuat mereka terjerumus ke neraka. Karena setelah meninggal, maka waktu tidak bisa diulang. Untuk itu, gunakanlah waktu untuk selalu bertaubat kepada Allah. Karena tidak ada yang tahu, kapan tiba-tiba malaikat Izrail datang menjemput.

Itulah dia ke lima jalan menuju neraka yang paling banyak diminati oleh orang-orang.

Jangan lupa sebarkan artikel ini kepada Sahabat, Keluarga, Grup grup WhatsApp keluarga, Grup Facebook Serta media-media lainnya untuk menjangkau Teman-Teman Muslim kita, karena dengan Menyebarkan sesuatu kebaikan, kita bisa mendapatkan pahala Amin...

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

✅ Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَلْتَكُنْ مِّنْكُمْ اُمَّةٌ يَّدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِا لْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۗ وَاُ ولٰٓئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Artinya : "Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung." (QS. Ali 'Imran 3: Ayat 104)

✅ Rasulullahﷺ bersabda:

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Artinya : “Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no.1893)

Semoga bermanfaat bagi yang membacanya, dan mendapat pahala bagi yang membagikannya Baarakallahu fiikum


sumber : jabar.kemenag.go.id

Belum ada Komentar untuk "ASTAGFIRULLAHALADZIM, Ternyata 5 Jalan Menuju Neraka ini Banyak Diminati Orang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

ADSENSE2

MGID Gadget Pintar

ADSENE3