Adsense ATAS

Viral Artis Rawat Spirit Doll ... Awas Hati-Hati untuk Kaum Muslim, Sebelum Rawat Kamu harus Tau Hukum Serta Pandangan Islam Tentang Spirit Doll

sumber foto : tribun
 

Memasuki akhir tahun 2021, masyarakat Indonesia dihebohkan oleh sejumlah kalangan selebritis yang mengadopsi boneka spirit doll atau boneka arwah. Dalam pandangan Islam, hal tersebut tentu mengarah kepada perbuatan dosa besar. Apalagi, spirit doll ini disebut-sebut melakukan ritual dan mantra tertentu sehingga boneka tersebut berisi arwah anak kecil yang kemudian dianggap memiliki keberuntungan dan kemudahan rezeki bagi orang tua asuhnya.

Meskipun di Indonesia " spirit doll " masih terbilang hal baru. Namun cara pengemasan dan publikasi yang dilakukan sejumlah public pigur di tanah air dikhawatirkan akan membawa dampak yang sangat luas bagi masyarakat. Apalagi public pigur amat sangat erat untuk diguguh dan ditiru. Ironisnya lagi ada dari beberapa pengadopsi spirit doll ini dengan bangganya menceritakan mengenai keberuntungan, rezeki dan sebagainya.Hal ini tentu mengundang kekhawatiran.


Spirit doll atau boneka arwah ini memiliki keistimewaan layaknya bayi manusia yang diberlakukan layaknya anak asuh si pemilik.Beberapa orang yang mengadopsi spirit doll mengaku seolah mendapat keberuntungan, merasa dilindungi, dan memiliki teman untuk berbagi cerita. Hal ini pula lah yang mengarah kepada tindakan syirik, atau percaya kepada selain Allah SWT yang memberikan hidup.

Begitu mengkhawatirkan fenomena spirit doll ini. apalagi setelah diendorse oleh beberapa artis. Mari teman-teman semua jaga dan bentengi aqidah kita dan keluarga dari hal-hal yang menjurus kepada kesyirikan. Ingat, Allah mengampuni semua dosa kecuali dosa syirik

Belum lama ini, begitu marak dijumpai para publik figure mengaruh “Spirit Doll” atau boneka arwah yang konon katanya boneka ini memiliki ruh berupa bayi yang dapat merasakan keadaan lingkungannya.

Menyoroti kebiasaan pemilik yang memperlakukan boneka arwah tersebut sebagai anak, sangat hati-hati dalam memperlakuinya bahkan dirawat dan diasuh selayaknya bayi manusia, Menurut Ustadzah Rofi’Maryam prihatin akan minim nya iman seseorang yang akhirnya berperilaku aneh dan tidak normal.


“Innalillahi wa inna ilaihi raajiun, Sudah jelas sekali bahwasanya boneka adalah benda mati yang dibuat untuk mainan anak-anak, yang tidak akan mampu mempengaruhi rejeki, keberhasilan dan kehidupan manusia. Sayangnya, akibat merosotnya cara berfikir, seseorang menganggap bahwa benda mati ini dapat memberikan energi positif dan semangat,”Ucap Alumni UIN raden Fatah Palembang.

Islam memandang bahwa mempercayai benda-benda yang dianggap memiliki kekuatan dan energi merupakan suatu perbuatan syirik.

Pengertian syirik perlu dipahami agar kamu tidak melakukannya. Syirik sendiri merupakan istilah yang dipahami umat Islam sebagai menyekutukan Allah SWT. Orang-orang yang syirik disebut dengan orang musyrik.

Perbuatan syirik ini merupakan perbuatan yang paling dibenci oleh Allah SWT. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar memperhatikan sikap dan perbuatan agar tidak melakukan kegiatan syirik ini.

Kamu juga perlu mengenali jenis-jenis syirik. Dalam Islam, syirik dibagi menjadi dua yaitu, syirik akbar dan syirik ashghar. Syirik akbar membuat seseorang yang melakukannya keluar dari agama Islam, sedangkan syirik ashghar tidak sampai menyebabkan keluar dari Islam, namun bisa menjadikan pengantar melakukan syirik akbar.

Berikut rangkum dari berbagai sumber tentang pengertian syirik.

Pengertian syirik dalam bahasa Arab harus benar-benar dipahami umat Islam. Pasalnya, orang-orang yang melakukannya akan mendapatkan dosa yang besar. Apalagi Allah SWT sangat membenci perbuatan ini.

Kata syirik sendiri berasal dari kata syarikah atau persekutuan. Pengertian syirik yaitu mempersekutukan atau membuat tandingan hukum atau ajaran lain selain dari ajaran/hukum Allah SWT. Pengertian syirik adalah akhlak yang melampaui batas aturan dan bertentangan dengan prinsip tauhid yaitu dengan mengabdi, tunduk, taat secara sadar dan sukarela pada sesuatu ajaran / perintah selain dari ajaran Allah.

Orang-orang yang syirik disebut dengan musyrik. Dalam Islam, syirik adalah dosa yang tak bisa diampuni kecuali dengan pertobatan dan meninggalkan kemusyrikan tersebut sejauh-jauhnya.

Kemusyrikan secara personal dilaksanakan dengan mengikuti ajaran-ajaran selain ajaran Allah SWT secara sadar dan sukarela (membenarkan ajaran syirik dalam kalbu, menjalankannya dalam tindakan dan berusaha menegakkan atau menjaga ajaran syirik tersebut).

Dalam KBBI, pengertian syirik adalah penyekutuan Allah SWT dengan yang lain, misalnya pengakuan kemampuan ilmu dari pada kemampuan dan kekuatan Allah, pengabdian selain kepada Allah SWT dengan menyembah patung, tempat keramat, dan kuburan, dan kepercayaan terhadap keampuhan peninggalan nenek moyang yang diyakini akan menentukan dan memengaruhi jalan kehidupan.


“Syirik merupakan dosa besar. Jika perbuatan ini segera tidak ditobati, maka akan membuat pelakunya menjadi murtad (keluar dari islam),”kata Guru Tahfidz, Selasa (4/2/22).

اِنَّ اللّٰهَ لَا يَغْفِرُ اَنْ يُّشْرَكَ بِهٖ وَيَغْفِرُ مَا دُوْنَ ذٰلِكَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۚ وَمَنْ يُّشْرِكْ بِاللّٰهِ فَقَدِ افْتَرٰٓى اِثْمًا عَظِيْمًا

Bacaan Latin : innallāha lā yagfiru ay yusyraka bihī wa yagfiru mā dụna żālika limay yasyā`, wa may yusyrik billāhi fa qadiftarā iṡman 'aẓīmā

Artinya : "Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukan-Nya (syirik), dan Dia mengampuni apa (dosa) yang selain (syirik) itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Barangsiapa mempersekutukan Allah, maka sungguh, dia telah berbuat dosa yang besar." ( QS. An-Nisa : 48 )

Allah SWT juga Berfirman dalam Surat yang sama dalam Ayat yang berbeda yang berbunyi sebagai berikut :

اِنَّ اللّٰهَ لَا يَغْفِرُ اَنْ يُّشْرَكَ بِهٖ وَيَغْفِرُ مَا دُوْنَ ذٰلِكَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗ وَمَنْ يُّشْرِكْ بِاللّٰهِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا

Bacaan Latin : innallāha lā yagfiru ay yusyraka bihī wa yagfiru mā dụna żālika limay yasyā`, wa may yusyrik billāhi fa qad ḍalla ḍalālam ba'īdā

Artinya : "Allah tidak akan mengampuni dosa syirik (mempersekutukan Allah dengan sesuatu), dan Dia mengampuni dosa selain itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan barangsiapa mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sungguh, dia telah tersesat jauh sekali.” (QS. An Nisaa’: 116)

Oleh sebab itu, fenomena memelihara spirit doll yang dianggap dapat memberikan energi positif adalah sebuah keharaman. Dan sebagai seorang muslim hendaknya kita dapat menjauhi perbuatan yang demikian.

Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Maidah ayat ke 72 yang Berbunyi :

لَقَدْ كَفَرَ الَّذِيْنَ قَالُوْٓا اِنَّ اللّٰهَ هُوَ الْمَسِيْحُ ابْنُ مَرْيَمَ ۗوَقَالَ الْمَسِيْحُ يٰبَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اعْبُدُوا اللّٰهَ رَبِّيْ وَرَبَّكُمْ ۗاِنَّهٗ مَنْ يُّشْرِك
بِاللّٰهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللّٰهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوٰىهُ النَّارُ ۗوَمَا لِلظّٰلِمِيْنَ مِنْ اَنْصَارٍ

Bacaan Latin : laqad kafarallażīna qālū innallāha huwal-masīḥubnu maryam, wa qālal-masīḥu yā banī isrā`īla'budullāha rabbī wa rabbakum, innahụ may yusyrik billāhi fa qad ḥarramallāhu 'alaihil-jannata wa ma`wāhun-nār, wa mā liẓ-ẓālimīna min anṣār

Artinya : "Sungguh, telah kafir orang-orang yang berkata, “Sesungguhnya Allah itu dialah Al-Masih putra Maryam.” Padahal Al-Masih (sendiri) berkata, “Wahai Bani Israil! Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu.” Sesungguhnya barangsiapa mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka sungguh, Allah mengharamkan surga baginya, dan tempatnya ialah neraka. Dan tidak ada seorang penolong pun bagi orang-orang zalim itu." ( QS. Al-Maidah : 72 )

Demikan Penjelasan Tentang “Spirit Doll” diatas, semoga bisa menambah ilmu pengetahuan kita tentang Agama yang Allah Ridhoi ini yaitu Islam, Jangan lupa sebarkan artikel ini kepada Sahabat, Keluarga, Grup grup WhatsApp keluarga, Grup Facebook Serta media-media lainnya untuk menjangkau Teman-Teman Muslim kita, karena dengan Menyebarkan sesuatu kebaikan, kita bisa mendapatkan pahala Amin...

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

“Siapa yang menunjukkan suatu kebaikan dia akan mendapatkan pahala seperti yang melakukannya.”

Semoga bermanfaat bagi yang membacanya, dan mendapat pahala bagi yang membagikannya
Baarakallahu fiikum


Belum ada Komentar untuk "Viral Artis Rawat Spirit Doll ... Awas Hati-Hati untuk Kaum Muslim, Sebelum Rawat Kamu harus Tau Hukum Serta Pandangan Islam Tentang Spirit Doll"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Mg iD Wijet Pintar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel