Adsense ATAS

TOLONG BAGIKAN !!!"Mulai Sekarang Hindari Beli atau Masak Lontong Dibungkus Plastik, Dapat Menyebabkan Kanker dan M4ndul..Berikut Penjelasannya.

sumber foto : Makananbis


Kepala S " ksi Layanan Informasi Konsumen Balai Besar Pengawasan Obat serta Makanan (BBPOM) Padang Yon Firman mengungkap kalau memasak lontong dengan bungkus plastik ternyata sangat membahayakan untuk kesehatan tubuh.

Lontong mungkin menjadi salah satu teman makan favorit. Banyak makanan Indonesia yang menggunakan lontong. Mulai dari ketoprak hingga lontong sayur. Namun, ternyata makan lontong dengan cara ini bisa sebabkan kanker dan kemandulan. Apakah Anda tahu cara apa yang bisa menyebabkan lontong seperti itu?


Ya, lontong yang direbus dengan plastik ternyata berbahaya. Kok bisa? Bahaya Lontong Plastik untuk Kesehatan Lontong yang direbus dengan plastik memang lebih praktis dibanding harus repot mencari daun pisang.

Beras tinggal dimasukkan ke dalam plastik, tusuk-tusuk plastik tadi dengan garpu supaya ada udara keluar dan tinggal direbus hingga matang. Namun, dibalik ke praktisannya, ternyata lontong plastik menyimpan bahaya. Seperti yang kita tahu, plastik memiliki titik leleh rendah sehingga sangat mudah meleleh pada suhu panas.

Nah, saat meleleh ini, akan ada partikel plastik yang luluh dan bercampur dalam makanan. Jika masuk dalam tubuh dan terus menumpuk, partikel ini bisa menyebabkan banyak penyakit mengerikan mulai dari kanker sampai kemandulan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun nampaknya sadar dengan keresahan masyarakat mengenai kejelasan lontong plastik ini Dalam salah satu konferensi pressnya, BPOM menegaskan kalau aman atau tidaknya lontong plastik kembali pada jenis plastik yang digunakan.

Plastik yang aman digunakan untuk merebus lontong adalah plastik jenis LLDPE, HDPE, PP dan OPP. Jenis plastik ini punya titik leleh tinggi sehingga akan meleleh atau melunak di atas suhu 100°C Hasilnya, plastik ini cenderung lebih aman digunakan pada suhuh tinggi, terutama untuk membuat lontong.

Nah, yang harus dihindari adalah penggunaan plastik jenis LDPE untuk membuat lontong. Jenis plastik dengan titik leleh yang lebih rendah sehingga akan meleleh pada suhu 83°C - 98°C. BPOM menyarankan kita untuk mengharamkan penggunaan plastik jenis ini untuk membuat lontong. Kalau prosedur di atas dijalani, plastik tentu aman digunakan dan tidak menyebabkan kanker atau kemandulan.


Selain itu, plastik juga punya sifat inert atau tidak mudah berinteraksi dan tak menimbulkan bahaya terhadap kesehatan. Tapi, kita juga harus paham kalau ada banyak bahan tambahan mulai dari pewarna, pelicin sampai pemutih yang ditambahkan dalam proses pembuatan plastik.

Kalau terpapar suhu panas, bukan tidak mungkin juga bahan-bahan berbahaya itu bisa ikut masuk ke dalam tubuh kita. Kendala Paling Besar Sayangnya, agak sulit bagi kita untuk menemukan plastik mana yang aman digunakan untuk membuat lontong.

Pasalnya, di kemasan plastik, jarang sekali disebutkan jenis dan bahan pembuatannya. Apalagi jika kita membeli lontong plastik di pasaran. Sangat tidak mungkin untuk bertanya ke penjual jenis plastik apa yang digunakan.


Bisa jadi mereka pun tidak tahu. Karena itu, paling baik kembali lagi ke cara nenek moyang kita membungkus plastik dengan daun pisang. Tak apa repot sedikit mencari dan membersihkan daun pisang, toh, kesehatan yang didapat juga sepadan. Apalagi, lontong yang dibungkus daun pisang pasti jauh lebih cantik tampilannnya dan harum aromanya.


" Lontong plastik memiliki kandungan zat kimi4 p0limer. P0limer ini bisa masuk dalam tubuh manusia lantaran bersifat larut, hingga apabila terjadi akumul4si dalam tubuh akan mengakibatkan kanker " tutur Yon Firman seperti ditulis republika, senin (8/8/2021).


Selain kanker, Yon menuturkan kalau kandungan p0limer pada lontong dengan bungkus plastik bisa berpotensi turunkan kesubur4n repr0duksi, bahkan juga dapat mengakibatkan kem4ndul4n.

Sementara untuk ibu-ibu yang tengah hamil menurut Yon dapat mengganggu ke j4nin lewat pl4sent4 yang berdampak jangka panjang menyebabkan sepeti kelelahan, susah tidur serta anemia (kurang darah).

" Kami sudah ada sosialisasi pada masyarakat tidak untuk menggunakan lagi bahan plastik untuk membungkus lontong. Sebagian besar pedagang penjual lontong sudah ada yang tahu namun juga yang belum tahu dengan bahayanya lontong plastik, " jelas Yon


Sebagai solusi, Yon menyarankan untuk para pedagang maupun ibu rumah-tangga, lebih baik memasak lontong dengan memakai daun pisang atau ketupat.

Demikan Penjelasan Tentang “BAHAYA LONTONG PLASTIK” diatas, semoga bisa menambah ilmu pengetahuan kita tentang Ilmu Dunia serta Ilmu Agama yang Allah Ridhoi ini yaitu Islam, Jangan lupa sebarkan artikel ini kepada Sahabat, Keluarga, Grup grup WhatsApp keluarga, Grup Facebook Serta media-media lainnya untuk menjangkau Teman-Teman Muslim kita, karena dengan Menyebarkan sesuatu kebaikan, kita bisa mendapatkan pahala Amin...


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

“Siapa yang menunjukkan suatu kebaikan dia akan mendapatkan pahala seperti yang melakukannya.”

Semoga bermanfaat bagi yang membacanya, dan mendapat pahala bagi yang membagikannya
Baarakallahu fiikum


Belum ada Komentar untuk "TOLONG BAGIKAN !!!"Mulai Sekarang Hindari Beli atau Masak Lontong Dibungkus Plastik, Dapat Menyebabkan Kanker dan M4ndul..Berikut Penjelasannya."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Mg iD Wijet Pintar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel