Adsense ATAS

Mimpi Suami/Istri Bers3lingkuh ? Ternyata ini yang Akan Terjadi,, Inilah Arti Mimpi Tersebut menurut ahli tafsir dan kepercayaan lainnya

sumber foto : suara

 Setiap orang yang tertidur pasti akan bermimpi, meskipun banyak yang mengaku tidak mengingatnya saat terbangun. Sebagian orang percaya bahwa mimpi membawa suatu pertanda.

Memimpikan suami berselingkuh pasti akan mengundang emosi bagi Anda para istri. Mengalami mimpi yang sedemikan rupa tentunya menakutkan untuk para istri.


Bangun tidur dada terasa sesak, cemas, takut, menangis, apalagi jika dalam kondisi hamil serta melankolis. Apa arti mimpi suami selingkuh? Untuk mengetahui artinya, menurut ahli tafsir dan kepercayaan lainnya adalah sebagai berikut:

1.Suami Selingkuh di Depan Mata
Mimpi suami selingkuh di depan mata menandakan bahwa istri ingin suami terbuka. Akhir-akhir ini mungkin istri merasa ada yang disembunyikan oleh suami.

Tetapi, penafsiran lain mengungkapkan bahwa sang istri sebenarnya sedang membutuhkan cinta dan kasih sayang dari suaminya namun terlalu malu untuk mengungkapkannya.

2. Suami Selingkuh dengan Teman Sendiri atau Sahabat
Mimpi tersebut menunjukkan bahwa istri merasa terkalahkan dengan temannya, baik dari segi pekerjaan ataupun status sosial.

Sebenarnya, si istri cenderung sedang merasa kesepian karena sedang ditinggal suami atau sebaliknya, yaitu si istri mendapatkan pekerjaan yang mengharuskannya untuk berjauhan dengan suami.

3. Suami Selingkuh dengan Mantan Pacar
Mimpi ini mengacu pada kehidupan istri dimasa lalu yang berkaitan dengan pengalaman di masa kini.

Mimpi melihat suami berselingkuh dengan mantan pacarnya menunjukkan kecemburuan istri terhadap mantan pacar suami. Jadi, mimpi ini berkaitan dengan sifat seseorang.


4. Suami Selingkuh dengan Pembantu
Pembantu merupakan simbol akan keinginan dan kebutuhan. Jadi apabila istri mengalami mimpi ini, maka sebenarnya sang istri sedang membutuhkan kepedulian suaminya.

Penafsiran lain mengatakan bahwa mimpi ini pertanda bahwa sang suami melakukan hal yang tidak diinginkan istri.

5. Suami Selingkuh Saat Istri Hamil
Ketika hamil, istri secara psikologis membutuhkan kasih sayang dan perhatian dari suaminya.

Maka ketika tidak mendapatkan hal itu, sang istri cenderung mengalami mimpi buruk tentang suami.

Menurut primbon jawa, mengalami mimpi suami selingkuh menunjukkan bahwa keluarga akan mendapat kabar baik. Secara lengkap, berikut ini ada beberapa arti mimpi suami selingkuh menurut kepercayaan primbon Jawa.

6. Mimpi Suami Selingkuh serta Punya Anak
Mimpi tersebut memiliki penafsiran yang baik sebab berarti keluarga akan mendapatkan rezeki yang baik serta besar.

7. Mimpi Suami Selingkuh Dengan Mantan Pacar
Mimpi ini menandakan bahwa suami serta si istri yang bermimpi akan diberi umur yang panjang serta selalu terjaga kesehatannya.

8. Mimpi Suami Selingkuh dengan Teman Istri
Jika anda bermimpi suami selingkuh dengan teman anda, bisa jadi ini pertanda baik.

Mimpi ini justru akan menandakan bahwa hubungan rumah tangga yang bermimpi akan harmonis dan rejeki lancar dalam beberapa minggu kedepan.

9. Mimpi Suami Selingkuh dengan Wanita Lain
Mimpi suami selingkuh dengan wanita lain berkaitan dengan kesehatan, kebahagiaan dan keberkahan dalam kehidupan rumah tangga.


Mimpi ini simbol suami sedang berusaha cari celah, keuntungan dan peluang agar kondisi ekonomi membaik.

10. Mimpi Suami Selingkuh dengan Teman Kerja
Mimpi ini tidak memiliki arti, bisa jadi hal itu hanya kecurigaan istri saja.

Mimpi yang terjadi akibat akumulasi kecurigaan istri terhadap suami, mungkin disebabkan oleh : sikap cuek, sering lembur tidak jelas, jarang dirumah, perhatian berkurang, dsb.

Jadi, penafsir yang tidak sama menghasilkan penfasiran yang tidak sama juga. Hasilnya kembali lagi kepada yang bermimpi, apa mau percaya tentang arti mimpi suami selingkuh tersebut atau tidak.

Mimpi yang dapat dijadikan pijakan adalah mimpi yang betul-betul berasal dari petunjuk Allah subhanahu wa Ta’ala. Dalam Al-Qur’an dijelaskan:

لَهُمُ الْبُشْرَى فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الْآخِرَةِ

“Bagi mereka berita gembira dalam kehidupan dunia dan di akhirat” (QS Yunus: 64)

Makna “berita gembira” dalam ayat tersebut adalah mimpi baik yang dialami oleh seorang Muslim. Dalam salah satu Hadits, makna ayat di atas dijelaskan:

هِيَ الرُّؤْيَا الصَّالِحَةُ، يَرَاهَا الْمُسْلِمُ، أَوْ تُرَى لَهُ

“Yang dimaksud kegembiraan dalam ayat di atas adalah mimpi yang baik yang terlihat oleh orang Muslim atau yang diperlihatkan padanya” (HR Ibnu Majah).


Maka tidak heran jika dalam menentukan sebagian dari hukum syariat (Hukum Wadl’i), Nabi Muhammad menjadikan dasar penetapannya pada sebuah mimpi yang dialami oleh para sahabat. Misalnya dalam menentukan pensyari’atan adzan yang berdasarkan mimpi Abdullah bin Zaid dan Umar bin Khattab. Hal ini merupakan salah satu contoh dari mimpi yang merupakan petunjuk dari Allah. Untuk membedakan antara mimpi yang benar-benar petunjuk dari Allah dengan mimpi yang berasal dari bisikan setan salah satunya dengan menandai waktu terjadinya mimpi tersebut.

Jika mimpi terjadi pada dini hari atau saat waktu sahur maka kemungkinan besar mimpi itu adalah mimpi yang benar dan dapat ditafsirkan. Sedangkan mimpi yang dipandang merupakan bisikan dari setan adalah mimpi yang terjadi pada awal-awal malam atau saat petang.

Ketentuan ini seperti yang dijelaskan oleh Ibnu al-Jauzi:

وَأَصْدَقُ الرُّؤْيَا: رُؤْيَا الْأَسْحَارِ، فَإِنَّهُ وَقْتُ النُّزُولِ الْإِلَهِيِّ، وَاقْتِرَابِ الرَّحْمَةِ وَالْمَغْفِرَةِ، وَسُكُونِ الشَّيَاطِينِ، وَعَكْسُهُ رُؤْيَا الْعَتْمَةِ، عِنْدَ انْتِشَارِ الشَّيَاطِينِ وَالْأَرْوَاحِ الشَّيْطَانِيَّةِ

“Mimpi yang paling benar adalah di waktu sahur, sebab waktu tersebut adalah waktu turunnya (isyarat) ketuhanan, dekat dengan rahmat dan ampunan, serta waktu diamnya setan. Kebalikannya adalah mimpi di waktu petang (awal waktu malam)” (Ibnu Qayyim al-Jauziyah, Madarij as-Salikin, juz 1, hal. 76).

Memiliki kemampuan untuk memahami arti dari mimpi termasuk salah satu bentuk keistimewaan. Hal ini salah satunya dibuktikan dari pemberian keistimewaan mampu menafsirkan mimpi dari Allah kepada Nabi Yusuf yang dijelaskan dalam firman-Nya:

وَكَذَلِكَ مَكَّنَّا لِيُوسُفَ فِي الْأَرْضِ وَلِنُعَلِّمَهُ مِنْ تَأْوِيلِ الْأَحَادِيثِ وَاللَّهُ غَالِبٌ عَلَى أَمْرِهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

“Dan demikianlah Kami memberikan kedudukan yang baik kepada Yusuf di negeri (Mesir), dan agar Kami ajarkan kepadanya takwil mimpi. Dan Allah berkuasa terhadap urusan-Nya, tetapi kebanyakan manusia tidak mengerti” (QS Yusuf:21)


Dengan demikian, mempelajari ilmu tentang tafsir mimpi bukanlah hal yang terlarang. Bahkan oleh sebagian ulama ilmu ini dimasukkan dalam kategori ilmu syariat. Salah satu yang berpandangan demikian adalah antropolog terkemuka Muslim, Ibnu Khaldun. Berikut pandangan beliau tentang ilmu tafsir mimpi:

علم تعبير الرؤيا. هذا العلم من العلوم الشرعية وهو حادث في الملة عندما صارت العلوم صنائع، وكتب الناس فيها. وأما الرؤيا والتعبير لها، فقد كان موجوداً في السلف كما هو في الخلف

“Ilmu Tafsir Mimpi. Ilmu ini merupakan bagian dari ilmu syariat dan merupakan ilmu yang baru dalam agama tatkala ilmu-ilmu dijadikan sebuah pekerjaan dan manusia menuliskan tentang ilmu. Sedangkan mimpi dan tafsir mimpi sebenarnya telah wujud di zaman salaf (terdahulu) seperti halnya juga wujud di zaman khalaf (masa kini) (Ibnu Khaldun, Muqaddimah Ibnu Khaldun, hal. 288).

Selain itu, sebagai bentuk apresiasi, Islam menganjurkan agar seseorang berusaha mencari makna atau tafsir dari mimpi yang dialami, sebab dalam sebuah mimpi terdapat pengetahuan tentang hal-hal gaib yang tidak dapat dijangkau oleh panca indra manusia. Hal ini seperti dijelaskan dalam dua kitab hadits di bawah ini:

وفي الحديث الحث على علم الرؤيا والسؤال عنها وتأويلها

“Dan dalam hadits terdapat motivasi untuk mempelajari ilmu tentang mimpi, bertanya tentang mimpi dan tafsir dari mimpi” (Syekh Yahya bin Syaraf an-Nawawi, Syarh an-Nawawi li al-Muslim, Juz 15, Hal. 30)

وَفِيهِ الْحَثُّ عَلَى تَعْلِيمِ عِلْمِ الرُّؤْيَا وَعَلَى تَعْبِيرِهَا وَتَرْكِ إِغْفَالِ السُّؤَالِ عَنْهُ وَفَضِيلَتِهَا لِمَا تَشْتَمِلُ عَلَيْهِ مِنَ الِاطِّلَاعِ عَلَى بَعْضِ الْغَيْبِ وَأَسْرَارِ الكائنات

“Dan dalam hadits terdapat motivasi untuk mengajarkan ilmu tentang mimpi, tafsir mimpi, tidak lupa menanyakan tentang mimpi dan keutamaan mimpi. Sebab di dalam mimpi terkandung pengetahuan terhadap sebagian hal yang gaib dan rahasia alam” (Syekh Al-Hafiz Ibnu Hajar al-‘Asqalani, Fath al-Bari, juz 12, hal. 437)


Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mimpi memiliki berbagai macam kategori dan memiliki pengetahuan tentang tafsir mimpi adalah suatu bentuk keistimewaan sebab mempelajarinya adalah bagian dari mempelajari ilmu syariat. Namun meski demikian, hendaknya dalam melangkah untuk mempelajari ilmu ini seseorang terlebih dahulu menguasai ilmu-ilmu syariat yang bersifat fardlu ‘ain baginya, seperti ilmu tauhid, ilmu fiqih, dan ilmu-ilmu syariat lainnya.

Hal ini dimaksudkan agar seseorang memiliki fondasi ilmu agama yang mumpuni dan tidak mudah tertipu dengan hal-hal gaib yang ternyata merupakan bisikan dari setan atau khayalan pribadinya. Wallahu a’lam.

Penulis : Redaksi via islamudina.com

Belum ada Komentar untuk "Mimpi Suami/Istri Bers3lingkuh ? Ternyata ini yang Akan Terjadi,, Inilah Arti Mimpi Tersebut menurut ahli tafsir dan kepercayaan lainnya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Mg iD Wijet Pintar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel