Adsense ATAS

Jangan Tidur di 3 Waktu ini... Inilah 3 Waktu yang dilarang untuk Tidur Menurut Islam

 

sumber foto : biem

3 waktu yang dilarang untuk tidur harus kita ketahui dalam Islam. Jangan sampai hal ihwal ini tidak kita ketahui sejak dini. Sehingga kita merugi karena pernah melakukan larangan tersebut. Bukankah setiap orang itu tidak mau mengalami kerugian dalam hidupnya.

Dengan mengetahui hal tersebut, selain untuk mencegah kerugian yang tidak kita inginkan, juga untuk menambah ilmu pengetahuan kita tentang agama Islam. Lebih tepatnya adalah tholabul ‘ilmi. Kelak kita juga bisa mengamalkannya kepada orang lain. Hingga pada akhirnya jika kita melakukan hal tersebut dengan baik, akan menjadi amal jariyah.

Apakah Anda pernah mendengar bahwa tidur itu merupakan ibadah? Biasanya kita akan sering mendengar hal ini ketika bulan Ramadhan.

Apakah bisa tidur kita bernilai ibadah? Tentu saja bisa, dengan mengamalkan sunnah-sunnah dari Rasul Muhammad SAW. Mudah bukan?

Ketahui 3 Waktu yang Dilarang untuk Tidur dalam Islam
Islam mengatur kapan kita harus tidur. Kita tidak bisa sembarangan tidur pada setiap harinya. Apalagi menggunakan satu hari full hanya untuk tidur.

Itu bukan termasuk dalam ajaran Islam. Tetapi islam mengajarkan dan menganjurkan untuk kita tidak tidur pada 3 waktu tertentu.

Tahukah Anda kapan saja waktu tidur yang Allah benci? Nah, untuk mengetahui bagaimana dan kapan waktunya, simak penjelasannya berikut ini.

Tidur Ba’da Salat Subuh
Salah satu dalam 3 waktu yang dilarang untuk tidur adalah setelah salat subuh. Allah membenci siapapun yang tidur pada waktu tersebut. Ketahuilah bahwa usai salat subuh itu memiliki persamaan dengan hailullah.

Sedangkan kata hailullah itu sendiri berasal dari kata hala-yahuulu-haulan. Artinya adalah menghalangi atau mencegah. Pernahkah Anda tidur pada waktu terlarang ini? Pasti pernah. Sebab, waktu ini memang sangat nyaman untuk kita tidur lagi.

Mengenai hal ini, juga banyak orang yang mengakuinya. Kendati demikian, usahakan dengan sebisa mungkin untuk tidak melakukannya. Alasannya adalah bisa mengurangi produktivitas kita, sebab bingung dan bangunnya kesiangan. Selain itu, juga menjadi penghalang datangnya rezeki ketika pagi hari.

Bukankah dalam hadis Nabi Muhammad menjelaskan bahwa setelah melakukan salat subuh, jangan kembali tidur tanpa mencari rezeki (HR. Thabrani).

Sudah jelas bukan, mengapa kita tidak boleh tidur setelah subuh? Bukankah semua alasan tersebut juga akan menyebabkan kita merugi saja.

Sesudah Ashar Menuju Maghrib

Tidur setelah salat ashar menjelang maghrib juga termasuk dalam 3 waktu yang dilarang untuk tidur. Waktu ini terkenal dengan sebutan aylullah. Kata tersebut berasal dari kata illat, maknanya adalah penyakit. Arti tersebut memang benar dengan apa yang akan terjadi jika kita tidur pada waktu terlarang tersebut.

Lebih tepatnya adalah efek yang buruk bagi kesehatan. Misalnya adalah akan menimbulkan penyakit, linglung, bisa juga malah stres. Apakah hanya karena tidur saja, Anda mau mengalami akan semua kondisi dan efek tersebut? Siapa yang salah jika memang hal tersebut terjadi?

Tidak ada yang salah, kecuali diri kita sendiri. Mengenai dampak ini juga memang sesuai dengan apa yang Islam ajarkan. Karena barangsiapa yang hilang akal setelah tidur sesudah ashar menjelang maghrib, tidak ada yang salah kecuali ia sendiri.

Bukan hanya itu saja, melainkan juga akan menjadi penyebab kelelahan tiba-tiba. Dari situ bisa kita simpulkan bahwa akan ada dampak buruk yang juga kita rasakan setelah tidur pada waktu yang Allah SWT benci tersebut.

Tidur Sebelum Isya
Selain tidur setelah salat subuh dan sesudah ashar menjelang maghrib, tidur sebelum salat isya juga termasuk dalam 3 waktu yang dilarang. Dalam hadis riwayat Bukhari Muslim menjelaskan, Rasulullah SAW membenci mereka yang tidur sebelum salat isya dan mengobrol setelahnya.

Alasannya adalah bisa menyebabkan kita lupa untuk menunaikan kewajiban salat isya. Benar bukan jika demikian? Jarang-jarang dari kita yang terbangun dan menunaikan salat isya.

Kebanyakan malah baru bangun setelah pagi hari tiba. Apakah Anda tidak menyesal jika demikian? Bukankah salat adalah amalan yang paling utama?

itulah 3 waktu yang dilarang untuk tidur, semoga bermanfaat

Penulis : Muhafid via harapanrakyat.com

Belum ada Komentar untuk "Jangan Tidur di 3 Waktu ini... Inilah 3 Waktu yang dilarang untuk Tidur Menurut Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Mg iD Wijet Pintar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel