Adsense ATAS

Bagai Anak Sultan... Boneka Ivan Gunawan di Urus Baby Sister hingga Memiliki Kamar Khusus untuk Dua Bonekanya.. Ini Hukumnya dalam Pandangan Islam

 

sumber foto : tribun

Ivan Gunawan atau Igun menepis kabar miring yang beredar soal dua boneka yang dianggap sebagai anaknya. Kedua boneka tersebut diberi nama Miracle Putra Gunawan dan Marvelous Putra Gunawan. Ivan menegaskan bahwa Miracle dan Marvelous tidak memiliki hubungan apa pun dengan hal-hal mistis.

"Aku mau bilang sekali lagi bahwa anak saya bukan anak setan, enggak ada urusannya sama iblis, sama jin, dan segala macam," ucap Ivan Gunawan dikutip dari kanal YouTube Hitz Infotainment, Rabu (5/1/2022).

Dua boneka yang ia rawat layaknya bayi manusia saat ini adalah pemberian, bukan Ivan sendiri yang sengaja mencari untuk kemudian diadopsi. Ivan Gunawan menggendong dua bonekanya yang diberi nama Miracle Putra Gunawan dan Marvelous Putra Gunawan.

Ivan Gunawan menggendong dua bonekanya yang diberi nama Miracle Putra Gunawan dan Marvelous Putra Gunawan. Sebagai sosok 'ayah' dari dua bonekanya, Ivan juga menjamin bahwa Miracle dan Marvelous bukan media penyimpanan jin peliharaan.

"Saya sih enggak pernah merasa dia ada isinya, enggak merasa dia itu saya pelihara setan, saya pelihara iblis, saya pelihara dajal," ujar Igun, sapaan akrabnya. "Jadi ya sesuatu yang saya suka," tutur dia. Ivan bercerita, cara dia menjaga dua bonekanya layaknya bayi manusia hanyalah satu dari banyak hal gila yang ia lakukan sebagai seorang artis.

Ivan mengklaim, sebagai desainer kondang, dirinya tidak bisa menjalani hidup yang normal layaknya orang biasa. "Namanya jadi pekerja seni, desainer seperti saya kalau hidupnya terlalu normal enggak kreatif, Mbak," ucap Igun. "Jadi artis itu harus ada gila-gilanya, baru bisa kreatif, baru bisa ada ide-ide yang baru," lanjut dia.

Sebelumnya, pembawa acara Ivan Gunawan memperkenalkan dua bayi laki-laki yang bernama Miracle Putra Gunawan dan Marvelous Putra Gunawan. Pemilik nama lahir Ivan Gunawan Putra itu memperkenalkan dua bayinya melalui konten di kanal YouTube Boy William. Ivan Gunawan memperlihatkan Marvel kepada Boy William dan mempersilakannya untuk menggendong.

"Dia berat. Dia beratnya 8 kilogram. Dia lagi Bobo. Mau gendong enggak? Pegang kepalanya ya karena kan dia masih baby," ujar Ivan Gunawan, dikutip Kompas.com dari kanal YouTube Boy William.

Punya Babysitter

Kini, Ivan Gunawan mengaku senang kini memiliki dua boneka yang dia rawat layaknya bayi manusia. Semenjak memiliki dua boneka bayi yang ia beri nama Miracle Putra Gunawan dan Marvelous Putra Gunawan, perasaan Ivan juga lebih tenang karena dirinya punya teman untuk diajak bicara.

"Seru, punya mainan baru di rumah, punya teman, ada yang bisa disayang-sayang," ucap Ivan Gunawan.

Ivan tidak main-main ketika merawat dua bonekanya, dia bahkan menyewa babysitter atau perawat anak untuk Miracle dan Marvelous. Dia juga menyiapkan kamar khusus untuk dua bayinya.

"Kebetulan masing-masing anak punya masing-masing pengurusnya. Ada yang ngurusin, ada kamar bayinya di rumah," ujar Igun, sapaan akrabnya. Ivan juga memiliki cara khusus untuk merawat dua bayinya.

Setiap pagi, dua bayinya diajak berjemur hingga dibersihkan menggunakan kain. "Ada babysitter masing-masing ya kan, kalau pagi harus dijemur, dilap," ujar Ivan. "Bajunya juga baju tidur sama baju keluar harus beda, kalau dia habis dipegang orang, saya maunya dibersihin lagi," lanjutnya.

Kualitas pakaian yang diberikan Ivan untuk dua bayinya juga tidak sembarangan. Ivan mengaku sengaja membeli pakaian mahal untuk Miracle dan Marvelous. Sebelumnya, Ivan membantah beredarnya rumor miring soal dua bonekanya yang selalu dikait-kaitkan dengan hal mistis.

"Aku mau bilang sekali lagi bahwa anak saya bukan anak setan, enggak ada urusannya sama iblis, sama jin, dan segala macam," ucap Ivan Gunawan. Dua boneka yang ia rawat layaknya bayi manusia saat ini adalah pemberian, bukan Ivan sendiri yang sengaja mencari untuk kemudian diadopsi.

Sebagai sosok 'ayah' dari dua bonekanya, Ivan juga menjamin bahwa Miracle dan Marvelous bukan media penyimpanan jin peliharaan.

"Saya sih enggak pernah merasa dia ada isinya, enggak merasa dia itu saya pelihara setan, saya pelihara iblis, saya pelihara dajal," ujar Igun, sapaan akrabnya.

Hukum Adopsi Boneka Arwah atau Spirit Doll dalam Islam, Umat Muslim Wajib Tahu!

Mengadopsi boneka arwah kini sedang tren di kalangan para selebriti. Fenomena yang juga dikenal dengan spirit doll ini pun akhirnya ramai diperbincangkan di media sosial. Namun sebenarnya, bagaimana sih hukum mengadopsi boneka arwah dalam Islam? Yuk, simak di sini!

Hukum Adopsi Boneka Arwah dalam Islam Menurut Buya Yahya

Dalam laman Instagram @buyayahya_albahjah, Buya Yahya pun memberikan jawaban mengenai fenomena ini.

Pertama, Buya Yahya pun menjelaskan mengenai hukum memiliki boneka dalam Islam.

"Kalau Anda punya di rumah untuk anda yang dewasa, kalau anda beli untuk yang dewasa enggak boleh, adapun jika untuk anak-anak kecil di situ ada khilafiah untuk anak kecil, ini masalah hukum boneka," jelas Buya. Berbeda dengan boneka biasa, spirit doll atau boneka arwah ini disebutkan memiliki arwah di dalamnya. Disebutkan, boneka tersebut dimasuki ruh anak kecil yang sudah meninggal.

Mengenai hal itu, Buya Yahya pun mengatakan kita tak boleh meyakini hal semacam itu. Dalam Islam sendiri diajarkan, setiap manusia yang sudah meninggalkan dunia, maka ruhnya sudah ada di alam kubur.

"Dari segi keimanan enggak boleh kita meyakini yang demikian itu. Sedang ruh anak kecil, akan diberikan kenikmatan di alam barzakh dan tidak mendapatkan siksaan dan ruhnya tidak akan masuk ke dalam boneka," terangnya.

Sebagai saran, Buya Yahya pun mengatakan sebaiknya mengadopsi anak manusia bukan boneka karena tidak membawa manfaat. Hal itu dikarenakan masih banyak anak yang tidak mampu, seperti anak yatim yang hidupnya kurang beruntung.

Hukum Adopsi Boneka Arwah dalam Islam Menurut NU

Di sisi lain, Ketua Umum Pusat Fatayat Nahdlatul Ulama (NU), Anggia Ermarini, menilai wajar jika seseorang memiliki boneka namun hanya digunakan sebagai sarana bermain. Kendati demikian, tidak diperkenankan bila sampai ada yang menganggap boneka arwah dan merawatnya seperti bayi hidup.

Dilansir dari CNN Indonesia, hal itu bisa disebut sebagai tindakan musyrik. Apalagi dianggap mampu untuk mengabulkan hajat kita, itu musyrik namanya dan dilarang oleh agama," kata Anggia.

Anggia sendiri menyadari jika kebutuhan masyarakat modern banyak yang tidak biasa. Kendati demikian, ada beberapa hal yang tidak diperbolehkan dalam agama. Ia pun mengatakan, umat Islam sendiri memiliki cara tersendiri untuk curhat. Manusia pun bisa meminta rezeki pada Allah SWT dengan melakukan ibadah.

"Makhluk enggak hidup kalau diperlakukan seperti bayi enggak boleh, apalagi dianggap mengabulkan atau sebagai tempat curhat. Kalau kita berdoa dalam Islam kan ada sarana melalui salat misalnya kepada Allah. Itu sarana untuk curhat juga," kata Anggia.

Senada dengan itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis menuliskan pendapatnya di Twitternya @cholilnafis. Cholil mengingatkan kalau boneka arwah dibuat lebih dari mainan maka bisa menjadi perilaku syirik.

"Boneka itu mainan atau hobi itu boleh aja. Tapi kalo dijadikan demit arwah atau diisi arwah makhluk halus dan jin itu haram, jika disembah, ya, syirik," tulis Cholil.

Dalam Alquran Allah SWT berfirman:

إِنَّ ٱللهَ لَا يَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِۦ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَٰلِكَ لِمَن يَشَآءُ ۚ وَمَن يُشْرِكْ بِٱللهِ فَقَدِ ٱفْتَرَىٰٓ إِثْمًا عَظِيمًا

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar." (QS An-Nisa’: 48)

Demikan Penjelasan Tentang Hukum Adopsi Boneka Arwah” diatas, semoga bisa menambah ilmu pengetahuan kita tentang Agama yang Allah Ridhoi ini yaitu Islam, Jangan lupa sebarkan artikel ini kepada Sahabat, Keluarga, Grup grup WhatsApp keluarga, Grup Facebook Serta media-media lainnya untuk menjangkau Teman-Teman Muslim kita, karena dengan Menyebarkan sesuatu kebaikan, kita bisa mendapatkan pahala Amin...

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

“Siapa yang menunjukkan suatu kebaikan dia akan mendapatkan pahala seperti yang melakukannya.”

Semoga bermanfaat bagi yang membacanya, dan mendapat pahala bagi yang membagikannya
Baarakallahu fiikum

Penulis : Abdi Tumanggor via medan.tribunnews.com

Belum ada Komentar untuk "Bagai Anak Sultan... Boneka Ivan Gunawan di Urus Baby Sister hingga Memiliki Kamar Khusus untuk Dua Bonekanya.. Ini Hukumnya dalam Pandangan Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Mg iD Wijet Pintar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel