Adsense ATAS

Tanda-Tanda Ajal akan Datang MenghampiriMu ... Kenali dan Ketahui Tanda-Tandanya Berikut

 

sumber foto : Repjabar

Usia merupakan salah satu hal yang menjadi rahasia tuhan. Tidak ada satupun orang di dunia ini yang bisa memprediksi kapan berakhirnya usia seseorang.


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :أَكْثِرُوا ذِكْرَ هَاذِمِ اللَّذَّاتِ يَعْنِي المَوْتَ .

Dari Abu Hurairah ra. pula, berkata: Rasulullah Shalla Allahu Alaihi Wa Sallam bersabda : “Perbanyaklah kalian mengingat kepada sesuatu yang melenyapkan semua kelezatan, yaitu maut.” (HR. Tirmidzi)

Namun, tak sedikit pula yang bisa memprediksi sisa umur. Mereka bisa memprediksi umur melalui kondisi tubuh manusia.

Allah SWT berfirman:

وَمَا جَعَلْنَا لِبَشَرٍ مِّن قَبْلِكَ ٱلْخُلْدَ ۖ أَفَإِي۟ن مِّتَّ فَهُمُ ٱلْخَٰلِدُونَ

Artinya: “Kami tidak menjadikan hidup abadi bagi seorang manusia pun sebelum kamu (Muhammad); maka jikalau kamu mati, apakah mereka akan kekal? (QS Al-Anbiya: 34).

Hal ini memang bisa diterima oleh akal. Karena tak bisa dipungkiri terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa tubuh manusia memang akan mengalami perubahan signifikan sebelum mereka meninggal dunia.

Tak ada seorang pun yang tau kapan datangnya waktu kematian mereka ataupun orang lain. Semua hanya bisa memprediksi dan mengandai-andai.

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ أَجَلٌ ۖ فَإِذَا جَآءَ أَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُونَ سَاعَةً ۖ وَلَا يَسْتَقْدِمُونَ

Artinya: “Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu; maka apabila telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkan-nya barang sesaat-pun dan tidak dapat (pula) memajukan-nya,” (QS Al A’raf: 34)

Karena seseorang yang sedang dalam kondisi sakit sekarang, bisa saja sembuh dengan secara tiba-tiba. Begitu juga sebaliknya seseorang yang tampak sehat atau biasa saja bisa saja mendadak meninggal dunia.

Tanda-tanda Kematian
Hadits tentang Kematian

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {إِذَا مَاتَ الْمَيِّتُ تَقُوْلُ الْمَلاَئِكَةُ مَا قَدَّمَ وَيَقُوْلُ النَّاسُ مَا خَلَّفَ}

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Jika ada orang-orang yang meninggal dunia, maka malaikat berkata apa yang telah lalu (amal), sedangkan manusia membicarakan apa yang ia tinggalkan (warisan),” (HR Baihaqi).

Berikut ini beberapa hal yang mungkin bisa menjadi tanda-tanda usai seseorang akan berakhir:

1. Makan dan minum lebih sedikit
Kebutuhan akan energi berkurang seiring bertambahnya usia. Karena kita tidak membutuhkan banyak energi untuk melakukan tugas sehari-hari.

وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَىْءٍ مِّنَ ٱلْخَوْفِ وَٱلْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ ٱلْأَمْوَٰلِ وَٱلْأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٰتِ ۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّٰبِرِينَ

Artinya: “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa (kematian) dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang bersabar ” (QS Al-Baqarah: 155).

Para lansia tampak akan kurang memerlukan makanan dan minum. Orang yang akan meninggal tidak akan tertarik lagi kepada makanan favorite mereka. Ada beberapa yang juga telah benar-benar berhenti makan dan minum.

Cara membantu:

Biarkan mereka makan ketika lapar.
Hidrasi itu penting jadi tawarkan mereka minuman.
Rendam handuk dengan air dingin yang digunakan untuk menepuk bibir mereka ketika mereka berhenti minum sama sekali.
2. Tidur lebih lama atau lebih sering
Beberapa bulan sebelum akhir kehidupan, orng yang sekarat mungkin akan tidur lebih lama atau sering dari biasanya. Hal ini bisa terjadi karenakan semakin dekatnya tubuh dengan kematian metabolisme tubuh seseorang akan semakin menurun.

Sementara tanpa adanya pasokan energi alami yang stabil tersebut. Kelelahan dan rasa lapar akan mudah menang.

Cara membantu:

Bantu mereka yang merasakan gejala lemas dan lesu untuk menemukan tempat yang nyaman untuk beristirahat.
Biarkan mereka tidur yang cukup sesuai porsi kebutuhan mereka, asal tidak berlebihan.
Dorong mereka untuk bangun dari tempat tidur sehingga tidak mengembangkan luka.
3. Menyendiri Bagi orang yang sekarat, bukan sesuatu yang dikehendaki ketika perlahan-lahan menarik diri dari orang lain
Ini melainkan adalah refleksi alami dari perubahan energi. Serta keinginan untuk melindungi hari dan jam terakhir mereka.

Cara membantu:

Biarkan teman atau keluarga berkunjung jika membuat mereka nyaman, tetapi jika mereka tidak tertarik dengan orang lain janganlah tersinggung.
Beberapa orang tidak ingin membiarkan orang lain melihat mereka mati, sehingga timbul keinginan untuk mengisolasi diri sendiri itu lebih baik bagi mereka.
4. Tanda-tanda vital berubah tekanan darah menurun saat seorang saat mendekati ajal.
Selain itu mereka mungkin akan mengalami masalah pernapasan dan detak jantung menjadi tidak teratur atau sulit di ditekesi. Saat tekanan saran turun ginjal akan berhenti bekerja juga. Seseorang yang dekat dengan suatu kematian memiliki urin yang berwarna cokelat atau berwarna berkarat.

Cara membantu:

Perubahan tersebut tidak menyakitkan jadi tidak perlu melakukan apa-apa untuk perubahan ini.
5. Pola buang air kecil maupun besar berubah karena makan lebih sedikit
Seseorang yang sekarat sangat mungkin buang air besar lebih sedikit dan tidak teratur dari sebelumnya. Demikian juga dengan buang air kecil yang berubah sedikit atau jarang saat minum asupan cairan.

Setelah berhenti makan dan minum sepenuhnya. Mereka mungkin tidak perlu menggunakan toilet lagi.

Cara membantu:

Secara alami, beberapa standar layanan kesehatan seperti rumah sakit penyediaan layanan tersebut biasanya akan menggunakan kateter untuk mengalirkan urin dari kandungan kemih.
6. Suhu tubuh turun sirkulasi darah mengalir kedalam
Sirkulasi mengalir kedalam menuju organ vital ketika seseorang tengah berhadapan dengan hari-hari terakhir di dunia. Sirkulasi darah di tempat-tempat lain, seperti tangan dan kaki menjadi sangat berkurang.

Kondisi itulah yang bisa menyebabkan kulit mungkin terlihat pucat juga. Akhirnya sirkulasi yang berkurang dapat menyebabkan kulit tampak biru-ungu berbintik-bintik .

Cara membantu:

Selimuti mereka yang merasakan kedinginan.
7. Melemahnya otot Pada hari-hari terakhir sebelum kematian, otot bisa berubah menjadi sangat lemah
Pada fase ini seseorang mungkin akan mengalami kesulitan melakukan pekerjaan meski sifatnya sederhana seperti mengangkat secangkir air. Atau membalik badan di tempat tidur.

Cara membantu:

Buat orang yang di cintai merasa senyaman mungkin jika mereka perlu air posisikan cangkir dimulut mereka dan masukkan sedotan sehingga lebih mudah mereka untuk minum.
Bantu mereka untuk membalikkan badan ditempat tidur jika diperlukan.
Bantu mereka bergerak sampai mencapai tempat tidur yang ternyaman.
8. Masalah pernapasan
Masalah pernapasan adalah tanda yang mengkhawatirkan bagi banyak orang ketika sedang berada dengan orang lain yang sekarat.

Cara membantu:

Beberapa obat penghilang rasa sakit dapat membuat pernapasan menjadi lebih mudah.
Bicarakan dengan dokter dan penyediaan perawatan paliatif tentang cara-cara meredakan pernapasan saat batuk.
9. Muncul kebingungan Otak tetap sangat aktif selama fase sekarat
Tidak bisa seseorang yang kebingungan atau inkoherensi. Beberapa orang mungkin menjadi gelisah dan agresif jika mereka tidak menyadari sedang berada dimana atau apa yang sedang terjadi.

Cara membantu:

Tetap tenang dan bicara pelan
Pastikan seseorang yang sekarat dapat memberi tahu kepada orang lain tentang diri mereka setelah bisa berbicara perkenalkan setiap orang kepada mereka.
10. Sakit Intensitas nyeri kemungkinan akan meningkat ketika seseorang semakin dekat dengan kematian
Tidak jarang seseorang menunjukkan tanda-tanda yang terlihat bahwa mereka kesakitan. Tanda-tanda ini termasuk meringis,mengerang, atau cemberut.

Cara membantu:

Kebanyakan rasa sakit dapat di obati, tetapi ini mungkin mengharuskan orang untuk berada di rumah sakit atau fasilitas perawatan orang yang sekarat mungkin berhenti menelan.
Bisa dilakukan dengan memberikan obat penghilang rasa sakit.
Obat harus di berikan dirumah sakit.

sumber : dalamislam.com

Belum ada Komentar untuk "Tanda-Tanda Ajal akan Datang MenghampiriMu ... Kenali dan Ketahui Tanda-Tandanya Berikut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Mg iD Wijet Pintar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel