Adsense ATAS

Segera Atasi .. Inilah Tanda-Tanda kamu sedang Mengalami Stress

 

sumber foto : klikdoter

Stres kerap menemani kehidupan setiap manusia. Seakan-akan, stres sudah menjadi bagian dari hidup. Bahkan, orang yang sehari-harinya kalem pun, pasti pernah merasakan tertekan hingga stres dalam hidupnya.

Stres dapat berlangsung dalam jangka pendek dan sembuh dengan sendirinya. Namun, juga bisa berkembang sehingga memicu kelelahan, sakit kepala, dan depresi.
Dilansir dari data Mountelizabeth, stres bisa memicu berbagai penyakit kronis, seperti gangguan jantung, sakit kepala, sindrom iritasi usus besar, hingga alzheimer.
Namun sayangnya, aktivitas yang padat, sering membuat seseorang tidak menyadari jika kondisi kesehatan mentalnya sedang terganggu. Yap, ternyata memang banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka sedang mengalami kondisi yang tergolong sebagai tanda stres.
Lalu, apa saja sih kondisi yang tidak disadari sebagai tanda stres? Simak penjelasannya berikut yuk.
1. Lebih sibuk dari biasanya
Terkadang, tanpa kita sadari menyibukkan diri untuk mengalihkan pikiran dari masalah yang sedang dialami, justru menjadi tanda stres dan kesibukan itu adalah upaya untuk menghindarinya.

Mungkin saja hal itu bisa menjadi jalan pintas sesaat untuk mengurangi atau mencegah stres. Namun sayangnya, terlalu sibuk justru bisa mendatangkan gangguan emosional dan stres, loh.
Maka dari itu, alih-alih mencari kesibukan untuk menghindari stres, lebih baik segera diselesaikan untuk meredakan stres.
2. Mood swing
Nah, kondisi kedua yang tanpa disadari bisa menjadi tanda stres adalah mood swing.
Siapa sih yang tidak pernah merasakan mood swing? Mungkin sebagian orang pernah mengalaminya, bukan?

Mood swing adalah kondisi di mana seseorang terlalu cepat mengalami perubahan kondisi secara tiba-tiba. Seperti saat kebahagiaan, kesedihan, dan kemarahan bisa terasa begitu dekat.
Jika kamu sering merasakan hal itu, mungkin ada yang salah dengan kondisi kesehatan mentalmu. Itu tandanya, mood swing bisa menjadi salah satu tanda stres yang tidak disadari oleh orang.

Lantas, bagaimana solusinya? Kamu bisa mencoba untuk berbagi dan menumpahkan perasaanmu kepada seseorang yang dapat memberikan perspektif lain dalam memandang hidup. Jadi, cobalah untuk membicarakan penyebab stres yang kamu alami.

3. Menghindari bertemu orang lain
Tanda stres yang pelru disadari adalah menghindar untuk bertemu orang lain, bahkan orang terdekat atau mengisolasi diri,
Jika kamu sampai melakukan isolasi diri, itu artinya kamu memilih untuk mengurung diri. Mungkin dengan cara itu, kamu bisa mengatasi stres yang dialami. Namun ternyata, cara itu pula yang berpotensi membuat kamu menjadi semakin stres. Loh, kok bisa?
Karena pasalnya, dengan mengisolasi diri yang masih dipenuhi dengan pikiran-pikiran negatif cenderung membuat kamu menjadi semakin stres. Maka dari itu, ketika kamu sedang melihat orang lain atau orang terdekat memutuskan untuk menyendiri, segera dampingi dan jangan dibiarkan menyendiri terlalu lama.

4. Sensitif
Pernahkah kamu merasa begitu sensitif da lebih mudah marah? Itu tandanya, ada hal-hal kecil yang tanpa disadari mengganggu dan terbiasa untuk memakluminya, kini justri dapat menyulut amarah dengan begitu mudahnya. Bahkan, kondisi seperti ini lebih sering melampiaskan amarah kepada orang-orang terdekat. Jelas, hal inilah yang menggambarkan bahwa kamu sedang mengalami stres dan emosi yang tidak stabil.
Kamu perli hati-hati nih dengan gejala stres yang satu ini. Sebab, bisa saja apa yang kamu ucapkan ketika melampiaskan amarah dapat menyakiti perasaan orang lain. Jadi, kamu perlu mengontrol diri dengan baik.
5. Melakukan hal yang berisiko
Salah satu cara untuk melarikan diri dari stres adalah melakukan hal-hal yang berisiko. Seperti berjudi, minum alkohol berlebihan, dan masih banyak lagi.

Perilaku-perilaku yang dilakukan seperti itu, justru menjadi tanda stres yang tidak disadari dan dapat merugikan diri sendiri. Jadi, segera diatasi ya jika kamu termasuk selalu memilih melakukan hal-hal yang berisiko ketika stres.
Itulah beberapa kondisi yang tanpa disadari menjadi penyebab stres. Jika kamu merasakan beberapa kondisi di atas, segera di atasi ya.

Penulis : Hijab Style via kumparan.com

Belum ada Komentar untuk "Segera Atasi .. Inilah Tanda-Tanda kamu sedang Mengalami Stress"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Mg iD Wijet Pintar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel