PENTING .. !!! Hapalkan dan Bacakan Ketika Berpergian Agar Selamat dan Terhindari dari Musibah

sumber foto : Islampos

Sahabat Muslimah, sebuah perjalanan erat kaitannya dengan seseorang yang sering berpergian dari satu tempat ke tempat yang lain, baik itu jauh ataupun dekat. Sebagai seorang mukmin, alangkah baiknya kita membaca doa berpergian terlebih dahulu kepada Allah Subhanahu wa ta'ala agar kita senantiasa berada dalam lindungan-Nya.

Musibah seperti halnya takdir lain yang merupakan rahasia Illahi, kita tidak pernah tahu musibah apa yang mungkin menimpa kita. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk memohon kepada Allah agar selalu terlindungi. Selain berdoa, Sahabat Muslimah juga perlu berhati-hati ya ketika hendak berpergian.

Berikut doa memohon agar selamat saat perjalanan.
Doa sebelum keluar rumah

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja."

Sahabat Muslimah, keutamaan membaca doa ini dijelaskan dalam hadist berikut.

“Barang siapa yang ketika keluar dari rumahnya membaca doa 'Bismillahi tawakkaltu ‘alallah laa haula wa laa quwwata illaa billah' (Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan upaya kecuali dari Allah), maka dikatakan kepadanya, 'Kamu telah tercukup dan terlindungi, dan syetan pun akan menjauh darinya.'” (HR. Tirmidzi).

Doa ketika pergi jauh

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allahumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga."

Dengan membaca doa ini, insya Allah kita dan keluarga akan terlindung selama dalam perjalanan. Walau demikan, jangan lupa untuk melakukan persiapan yang matang sebelum memulai perjalanan.

Doa ketika menggunakan kendaraan

اَللَّهُ اَكْبَرُ اَللَّهُ اَكْبَرُ اَللَّهُ اَكْبَرُ سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar Subhaanalladzi sakh-khoro lanaa hadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin, wa innaa ila robbinaa lamunqolibuun, Allahumma innaa nas aluka fii safarinaa hadzaa wathwi ‘annaa bu’dahu, Allahumma antash shaahibu fissafari wal khaliifatu fil ahli, Allahumma innii a’uudzubika min wa’tsaa-is safari waka-aabatil mandhori wa suu il munqolabi fil maali wal ahli.

Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Mahasuci Dzat yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami. Ya Allah… sesungguhnya kami memohon kepadaMu kebaikan, taqwa dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah, mudahkanlah segala urusan dalam perjalanan kami ini, pendekkanlah jarak dari jauhnya bepergian dan pengganti bagi keluarga yang kami tinggalkan. Ya Allah Engkau adalah teman dalam perjalanan dan wakil dalam keluarga. Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari kesulitan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan jeleknya kembali baik bagi harta maupun keluarga kami.” (HR. Muslim).

Doa ketika memasuki suatu wilayah

Saat memasuki suatu wilayah yang sepi atau gelap dan cemas dengan keselamatan diri, kamu bisa mengamalkan doa di bawah ini.

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَمَا أَظْلَلْنَ وَرَبَّ الأَرَضِينِ السَّبْعِ وَمَا أَقْلَلْنَ وَرَبَّ الشَّيَاطِينِ وَمَا أَضْلَلْنَ وَرَبَّ الرِّيَاحِ وَمَا ذَرَيْنَ فَإِنَّا نَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذِهِ الْقَرْيَةِ وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا

Allahumma robbissamawaatis sab’i wa maa adhlalna, wa robbal arodhiinis sab’i wa maa aqlalna, warobbasy-syayaathiini, wa maa adhlalna warobbarriyaahi wa maa dharoy na fa innaa nas-aluka khoyro hadzihil qoryati wakhoyro ahlihaa, wana’uudzubika min syarrihaa wa syarri ahlihaa wa syarri maa fii haa.

Artinya: “Ya Allah Rabb pemilik tujuh lapis langit dan apa yang dinaunginya, Rabb tujuh lapis bumi dan apa yang dikandungnya, Rabb para syetan dan apa yang disesatkannya dan Rabb angin dan apa yang dihembuskannya, aku mohon kepadaMu kebaikan daerah ini, kebaikan penduduknya, serta kebaikan yang ada di dalamnya. Aku berlindung kepadaMu dari keburukan daerah ini, keburukan penduduknya serta keburukan yang ada di dalamnya.” (HR. Hakim, Ibnu Hikam dan Baihaqi; shahih).

Doa ketika singgah ke suatu tempat

Jika Sahabat Muslimah melakukan perjalanan jauh, ada kalanya perlu singgah ke suatu tempat untuk beristirahat. berikut doa yang dapat panjatkan ketika hendak berhenti sejenak di suatu tempat.

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A’uudzubikalimaa tillahit tammaati minsyarri maa kholaqo.

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhlukNya” (HR. Muslim).

Sahabat Muslimah, itu dia doa yang dapat kamu amalkan ketika hendak melakukan perjalanan, agar selama dalam perjalanan senantiasa diberkahi oleh Allah, serta terhindar dari marabahaya dan selamat sampai tujuan. Aamiin.

Penulis : Firanty Sukma Anjely via muslimahdaily.com

Belum ada Komentar untuk "PENTING .. !!! Hapalkan dan Bacakan Ketika Berpergian Agar Selamat dan Terhindari dari Musibah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel