SHALAT ketika SAKIT .. !!! Cara Shalat sambil DUDUK bagi Orang yang sedang SAKIT

sumber foto : Pondok Pesantren Todungih
TATA CARA SHALAT DUDUK BAGI ORANG YANG SAKIT
Tata Cara Shalat Duduk bagi orang yang memiliki udzur karena sakit atau sebab lain yakni dengan bersila, menselonjorkan kedua kaki maupun duduk iftirasy. Menjalankan shalat fardhu lima waktu merupakan kewajiban tiap Muslim yang sudah baligh dan berakal.

Perintah shalat ini termaktub dalam Alquran. Allah SWT berfirman dalam Surat Thaha ayat 14:

اِنَّنِيْٓ اَنَا اللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنَا۠ فَاعْبُدْنِيْۙ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَ لِذِكْرِيْ

Artinya: Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku. (QS. Thaha: 14).

Kewajiban shalat lima waktu itu juga berlaku atau tanpa pengecualian bagi mereka yang sedang sakit, ibu hamil maupun orang lanjut usia. Bagi orang yang udzur syar'i seperti lumpuh maupun udzur hissi misalnya jika shalat dengan berdiri akan menyebabkan sakitnya lebih parah dibolehkan untuk shalat dengan duduk. Jika tidak mampu, boleh dengan cara berbaring.

Berikut Tata Cara Shalat Duduk:
1. Duduk bersila atau duduk dengan menselonjorkan kaki. Akan tetapi lebih baik dengan duduk iftiraasy yakni duduk bersimpuh dengan kedua telapak kaki terlipat ke belakang.
2. Saat ruku, posisi badan membungkuk sampai dahi lurus di depan lutut.
3. Cara mengerjakan sujud sama seperti sujud biasa dengan membungkukkan badan hingga dahi menempel di tempat sujud. Kalau tidak bisa membungkukkan tubuh, boleh dengan melakukan isyarat dengan menundukkan kepala.

Tim Asatid Rumah Fiqih Indonesia, Ustadz Muhammad Saiyid Mahadhir menjelaskan, mengerjakan shalat dengan posisi duduk dibolehkan dalam syariat agama. Kekhususan ini diperuntukkan bagi mereka yang sudah berumur atau sedang dalam kedaan sakit.

Maka kewajiban berdiri pada shalat wajib hukumnya gugur, sehingga shalat fardhu tersebut sah jika dikerjakan degan duduk atau berbaring.

Rasulullah SAW telah bersabda:

روى عمران ابن الحصين رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلم قال
" صَلِّ قَائِمًا فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَقَاعِدًا فَإِنْ لم تستطع فعلي جنب

" Imran bi Hushain ra. meriwayatkan, bahwa nabi Muhammad saw bersabda: “Shalatlah dengan berdiri, jika tidak mampu shalatlah dengan duduk, jika tidak mampu shalatlah dengan berbaring” (HR. Bukhari).

Namun, bagi mereka yang mampu diwajibkan berdiri, khususnya pada shalat fardhu/wajib. Ketentuan itu merupakan sebuah keharusan yang disepakati oleh para ulama (Al-Majmu’: 3/258).

Dalam kondisi apa pun jika masih memungkinkan untuk berdiri maka berdiri dalam shalat fardhu itu wajib hukumnya, berdasarkan firman Allah swt:

وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ

“… dan berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu” (QS. Al-Baqarah: 238)

Wallahu A'lam

sumber : Kastolani Marzuki via inews.id

Belum ada Komentar untuk "SHALAT ketika SAKIT .. !!! Cara Shalat sambil DUDUK bagi Orang yang sedang SAKIT"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel