PENTING !! untukmu yang BAYInya baru lahir, Inilah Do'a yang dipanjatkan..

sumber foto : Assalaf.id


Kelahiran seorang putra/i adalah momen yang paling ditunggu oleh setiap pasangan. Ketika seorang anak akan lahir ke dunia, seyogyanya sang ayah memanjatkan doa anak baru lahir.

Hadirnya seorang anak di dalam keluarga adalah keberkahan yang luar biasa. Banyak sekali pasangan yang mendambakan untuk mendapatkan anak.

Sayangnya banyak diantara mereka yang sudah lama menikah tetapi tidak kunjung dikaruniakan anak. Oleh sebab itu, beruntunglah mereka yang Allah titipkan seorang anak.

Lalu, bagaimana lafadz doa anak yang baru lahir?

Ada beberapa doa yang bisa kamu lafadzkan ketika anakmu baru lahir. Setidaknya ada dua jenis doa yaitu doa memohon keberkahan dan doa memohon perlindungan dari godaan setan.

Doa Memohon Keberkahan
Kisah tentang Nabi mendoakan seorang anak yang baru lahir terdapat pada hadits Nabi SAW, dari Abu Musa radiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan,

وُلِدَ لِي غُلاَمٌ، فَأَتَيْتُ بِهِ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَسَمَّاهُ إِبْرَاهِيمَ، فَحَنَّكَهُ بِتَمْرَةٍ، وَدَعَا لَهُ بِالْبَرَكَةِ، وَدَفَعَهُ إِلَيَّ

“Ketika anakku lahir, aku membawanya ke hadapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau memberi nama bayiku, Ibrahim dan men-tahnik dengan kurma lalu mendoakannya dengan keberkahan. Kemudian beliau kembalikan kepadaku.” (HR. Bukhari 5467 dan Muslim 2145).

Selain kepada Ibrahim, Rasulullah SAW juga mendoakan anak dari Asma bintu Abu Bakr yang diberi nama Abdullah bin Zubair. Ketika Asma sampai di Madinah dalam rangka hijrah, beliau melahirkan Abdullah bin Zubair.

Pada kondisi tersebut, ia membawa Abdullah bin Zubair ke hadapan Rasulullah SAW kemudian Asma mengatakan,

ثُمَّ دَعَا بِتَمْرَةٍ فَمَضَغَهَا، ثُمَّ تَفَلَ فِي فِيهِ، فَكَانَ أَوَّلَ شَيْءٍ دَخَلَ جَوْفَهُ رِيقُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، ثُمَّ دَعَا لَهُ، وَبَرَّكَ عَلَيْهِ

“..Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam minta kurma, lalu beliau mengunyahnya dan meletakkannya di mulut si bayi. Makanan pertama yang masuk ke perut si bayi adalah ludah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian beliau mendoakannya dan dan memohon keberkahan untuknya.” (HR. Bukhari 3909).

Lalu bagaimana lafadz doanya? Oke sebelumnya perlu diketahui bahwa tidak ada lafadz “pasti” terkait doa meminta keberkahan untuk anak yang baru lahir.

Kamu bisa membaca doa apapun dengan lafadz apapun. Tetapi yang tertulis di artikel ini didasarkan pada pendapat ulama. Salah satunya riwayat Imam Hasan Al Basri,

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي المَوهُوبِ لَكَ , وَشَكَرْتَ الوَاهِبَ , وَبَلَغَ أَشُدَّهُ , وَرُزِقْتَ بِرَّهُ

“Semoga Allah memberkahi anak yang dianugerahkan kepadamu, semoga kamu bisa mensyukuri Sang Pemberi (Allah), semoga cepat besar dan dewasa, dan engkau mendapatkan baktinya si anak.”

Kemudian riwayat dari Ayyub as-Sikhtiyani

Diriwayatkan dari Ayyub as-Sikhtiyani, bahwa beliau ketika mendengar kabar ada tetangga yang punya anak, beliau mendoakan,

جَعَلَهُ اللهُ مُبَارَكًا عَلَيكَ وَعَلَى أُمَّةِ مُحَمَّدٍ – صلى الله عليه وسلم

“Semoga Allah menjadikannya anak yang diberkahi untukmu dan untuk umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

Doa Memohon Perlindungan dari Godaan Setan
Doa ini dipraktikkan oleh Ibunya Maryam yang juga merupakan Istri Imron. Termaktub dalam QS. Ali Imran ayat 36. Dimulai pada saat istri Imron melahirkan Maryam,

فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ إِنِّي وَضَعْتُهَا أُنْثَىٰ وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالْأُنْثَىٰ ۖ وَإِنِّي سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Terjemahan,

Maka tatkala isteri ‘Imran melahirkan anaknya, diapun berkata: “Ya Tuhanku, sesunguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan.

Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk”.

Dalam hadist Nabi SAW, Ibnu Abbas menceritakan bahwa Rasulullah SAW membacakan doa perlindungan untuk kedua cucunya, berikut lafadznya:

أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

Aku memohon perlindungan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk. (HR. Abu Daud 3371, dan dishahihkan al-Albani).

Demikianlah penjelasan tentang doa anak baru lahir berikut lafad arab dan terjemahannya. Perlu dipahami bahwa tidak ada doa yang saklek atau paten untuk anak yang baru lahir.

Kamu bisa membacakan doa apapun yang mengandung kebaikan untuk anakmu. Adapun yang disampaikan di artikel ini merupakan doa berdasarkan rujukan dalil dan pendapat ulama.

sumber : Dendi Herdianto via qazwa.id

Belum ada Komentar untuk "PENTING !! untukmu yang BAYInya baru lahir, Inilah Do'a yang dipanjatkan.."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel