Doa Ibu Hamil & Ayat Al Quran untuk Meminta Anak Shaleh

sumber foto : Elzatta
Kehadiran buah hati di tengah keluarga adalah hal yang banyak dinantikan oleh orang yang telah berumah tangga. Tidak hanya mendambakan anak yang sehat secara fisik namun banyak orang tua juga ingin memiliki anak yang shaleh dan shalehah. Cara terbaik untuk mendapatkan semua keinginan tersebut adalah dengan cara berdoa. Kali ini IslamKita akan membahas doa ibu hamil yang bagus untuk diamalkan. Selain itu, ada juga doa yang bagus untuk dilafadzkan oleh calon ayah agar dikarunia anak yang shaleh dan berbakti.

Sebenarnya tidak ada doa atau bacaan khusus ibu hamil yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassallam. Adapun beberapa orang biasanya mengamalkan Surat An Nisa atau Yusuf untuk dibaca oleh ibu hamil. Namun sebenarnya tidak ada dalil shahih yang menganjurkan hal tersebut.

doa ibu hamil
Akan tetapi, ada penelitian yang menunjukan bahwa janin bisa merespon suara dari luar kandungan. Oleh karena itu, akan sangat baik bagi ibu hamil juga selama mengandung selalu menjaga perkataan, selalu berinteraksi dengan bayi di dalam kandungan, dan berdoa kepada Allah Ta’ala agar dikaruniai anak yang shaleh atau shalehah.

Berbeda dengan pendapat para ilmuwan barat yang menganjurkan para ibu untuk mendengarkan musik klasik ke janinnya, para dokter dan ahli kesehatan muslim menghimbau agar janin lebih sering diperdengarkan lantunan ayat suci Al Quran. Akan lebih bagus jika ayah atau ibunya sendiri yang melantunkan ayat suci Al Quran tersebut. Mengenai suratnya tidak ada ketentuan khusus, boleh membacakan surat apa saja yang dikira cocok untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Hamil Adalah Waktu Terbaik untuk Berdoa
Saat ibu hamil, ada baiknya memperhatikan salah satu firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala berikut ini:

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا ۖ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۖ وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا ۚ حَتَّىٰ إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي ۖ إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”. (QS. Al-Ahqaf: 15)

Salah satu waktu terbaik untuk berdoa adalah di saat kondisi kepayahan (penuh kesulitan). Ibu yang sedang hamil penuh dengan kondisi kesulitan karena sulit bergerak, perasaan tidak stabil, dan mood tidak menentu. Oleh karena itu, daripada terus mengeluh lebih baik berdoa karena di waktu ini adalah waktu yang paling baik untuk berdoa. Jadikan kesempatan ini untuk banyak memohon kepada Allah agar kelak dikaruniai anak-anak yang shaleh dan shalehah.

Karena tidak ada dalil doa khusus yang harus dibaca, maka para ibu hamil bisa berdoa dengan bahasa sendiri dan mengucapkan doa apapun yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, berdoa agar kelak anak yang dikandung jadi anak shaleh, pintar, dan berbakti kepada orang tua. Kisah keluarga Imran bisa jadi pelajaran terbaik untuk membina keluarga.

Ayat Al Quran yang Bagus untuk Ibu Hamil
Al Quran adalah kitab suci umat islam yang berisi banyak petunjuk berharga saat manusia tinggal dan hidup di dunia. Setiap ayat Al Quran mengandung banyak manfaat dan makna yang mendalam. Ada beberapa ayat Al Quran yang sangat baik untuk dihapal dan dilafadzkan ketika ibu hamil dan oleh calon ayah.

doa untuk ibu hamil
1. Surat Al Furqan Ayat 74
Ayat ini sangat penting dihapalkan oleh calon ayah dan ibu. Ada baiknya lagi jika doa ini dilafadzkan ketika shalat (selesai membaca Al Fatihah). Ayat ini berisi doa atau harapan orang tua agar dikaruniai anak yang berbakti.

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Wallażiina yaqụlụna rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa żurriyyaatinaa qurrata a’yuniw waj’alnaa lil-muttaqiina imaamaa

Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. (QS. Al-Furqan: 74)

2. Surat As-Saffat Ayat 100
Ini adalah doa yang dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim Alaihis Salaam untuk meminta keturunan yang shaleh. Maksud ayat di bawah ini adalah doa yang dipanjatkan untuk meminta anak yang shaleh dan termasuk jajaran orang-orang yang shaleh. Yang dimaksud anak yang shaleh adalah keturunan yang bisa membantu kita agar semakin taat pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Robbi hablii minash shoolihiin

Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh. (QS. As-Saffat: 100)

3. Surat Ali ‘Imran Ayat 38
Ini adalah doa Nabi Zakarriya ketika meminta anak kepada Allah Ta’Ala. Beliau berdoa agar diberikan anak yang baik dan shaleh. Setelah berdoa dengan lafadz ini, Allah kemudian mengkaruniai Nabi Zakarriya dengan anak shaleh dan langsung diberi nama Yahya yang artinya “hidup.”

هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهُ ۖ قَالَ رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Hunālika da’ā zakariyyā rabbah, qāla rabbi hab lī mil ladungka żurriyyatan ṭayyibah, innaka samī’ud-du’ā`

Di sanalah Zakariya mendoa kepada Tuhannya seraya berkata: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa”. (QS. Ali ‘Imran: 38)

Doa Nabi Muhammad Kepada Ibu Hamil
Pernah suatu saat Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassallam mendoakan anak ummu Sulaim dengan doa khusus, yaitu sebagaimana hadits yang diriwayatkan Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhuma berikut ini:

اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَالَهُ وَوَلَدَهُ ، وَبَارِكْ لَهُ فِيمَا أَعْطَيْتَهُ

“Ya Allah, perbanyaklah harta dan anaknya, serta berkahilah apa yang engkau karuniakan padanya.” (HR. Al Bukhari, No. 6334)

Dari hadits di atas, kita bisa mencontohkan doa yang pernah dipanjatkan oleh Rasulullah, yaitu dengan lafadz berikut ini:

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي

Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii

“Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri.”

Semoga doa ibu hamil dan ayat-ayat Al Quran di atas bisa diamalkan agar kita kelak dikaruniai anak yang shaleh dan shalehah. Jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah Ta’ala agar anak yang nanti dilahirkan dalam keadaan sehat. Khusus bagi ibu dan ayah yang menanti anaknya lahir ke dunia sebaiknya rajin-rajin melantunkan ayat suci Al Quran supaya kelak anak bisa memahami agama dan terhindar dari keburukan.

sumber : islamkita.co

Belum ada Komentar untuk "Doa Ibu Hamil & Ayat Al Quran untuk Meminta Anak Shaleh "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel