Diharamkan Baginya Api Neraka... cek apakah kamu termasuk Inilah 4 golongan manusia yang haram disentuh api Neraka

 

sumber foto : namiradistro

Tahukah kamu ada 4 golongan manusia yang haram disentuh api neraka ? Siapa saja itu ? Seperti yang kita ketahui bersama, neraka adalah seburuk buruknya tempat kembali. Saking buruknya, semua umat islam pasti selalu berdoa setiap waktu untuk dijauhi dari siksa api neraka.

إِنَّهَا سَاءَتْ مُسْتَقَرًّا وَمُقَامًا

Sesungguhnya neraka Jahanam itu seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman. (QS. Al-Furqan: 66)

Panasnya api neraka melebihi api terpanas yang ada di dunia. Perbandingan panasnya api neraka adalah 70x panas api yang paling panas di dunia. Hal ini sebagaimana disabdakan Rasul Shalallahu ‘Alaihi Wassallam melalui haditsnya:

نَارُكم هذِه ما يُوقدُ بنُو آدمَ جُزْءٌ واحدٌ من سبعين جزءاً من نار جهنَّم

Api yang dinyalakan oleh Ibnu Adam adalah satu bagian dari tujuh puluh bagian dari panasnya api Jahannam. (HR. Bukhari, No. 3265)

Sekedar pengetahuan saja, bahwa api yang paling panas di dunia ini adalah api yang berwarna putih dengan suhu lebih dari 2000 derajat Celcius. Api tersebut masih belum sebanding dengan api neraka yang terus menerus dipanaskan hingga berwarna hitam dan punya suhu hingga 70 kali lipat lebih panas. Jika api biasa saja kita sudah kepanasan, apalagi api hitam dari neraka ? Namun ternyata tidak selamanya neraka diisi oleh panasnya api.

golongan aman dari api neraka
Neraka juga punya suhu dingin yang sangat luar biasa. Bagian neraka yang dingin ini berisi Ghassaq atau sebagaimana yang ditafsirkan sebagian ulama adalah nanah dan keringat penghuni neraka yang busuk dan luar biasa dinginnya. Dinginnya api neraka sangat menyiksa dan tentunya merusak jasad para penghuni neraka.

اشْتَكَتْ النَّارُ إِلَى رَبِّهَا فَقَالَتْ رَبِّ أَكَلَ بَعْضِي بَعْضًا فَأَذِنَ لَهَا بِنَفَسَيْنِ نَفَسٍ فِي الشِّتَاءِ وَنَفَسٍ فِي الصَّيْفِ فَأَشَدُّ مَا تَجِدُونَ مِنْ الْحَرِّ وَأَشَدُّ مَا تَجِدُونَ مِنْ الزَّمْهَرِيرِ

Neraka mengadu kepada Rabb-nya, ia berkata, ‘Rabb-ku, sebagian dariku menghancurkan sebagian yang lainnya. Allah berfirman kepada neraka, ‘Jika demikian maka engkau dapat bernafas dua kali: satu nafas di musim dingin dan satu nafas di musim panas.’ Maka itulah panas yang paling panas dan dingin yang paling dingin. (HR. Muslim, No. 617)

Perihnya siksa di neraka membuat siapapun akan ketakutan mendengarnya. Bahkan ada orang-orang yang selalu berlindung kepada Allah karena ketakutan luar biasa terhadap siksa neraka. Namun tahukah kamu ada 4 golongan manusia istimewa yang jasadnya haram untuk disentuh oleh api neraka. Siapa saja golongan manusia itu ?

Golongan Manusia yang Haram Disentuh Neraka
Menurut hadits Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassallam, ada 4 golongan manusia yang haram untuk disentuh oleh api neraka. Berikut ini haditsnya:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِمَنْ تَحْرُمُ عَلَيْهِ النَّارُ؟, قَالُوا: بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ, قَالَ: ” كُلُّ هَيِّنٍ لَيِّنٍ قَرِيبٍ سَهْلٍ“

Dari Abdillah bin Mas’ud radhiyallahu anhu ia berkata: telah bersabda rasulullah shallallahu alaihi wa sallam: “Maukah kamu aku tunjukkan orang yang diharamkan neraka baginya? Para sahabat menjawab: tentu saja wahai Rasulallah! Beliau shallallahu alaihi wasallam menjawab: “(Haram tersentuh api neraka orang yang) Hayyin, Layyin, Qarib, Sahl.” (HR. At-Tirmidzi & Ibnu Hibban, dishahihkan Al-Albani)

1. Hayyin
Golongan pertama orang yang haram disentuh api neraka adalah Hayyin. Hayyin adalah orang yang tidak mudah memaki, tidak mudah melaknat, tidak mudah marah, dan jiwanya selalu teduh. Orang Hayyin selalu memiliki ketenangan dan keteduhan baik secara lahir maupun batin. Orang ini juga tidak mudah marah dan penuh pertimbangan.

Golongan manusia yang Hayyin punya sifat tenang dan berwibawa. Mereka tidak labil atau tidak mudah tersulut emosinya disebabkan oleh kedalaman ilmu agamanya. Selain itu, sifat lain dari Hayyin adalah tidak grasa grusu, tidak mudah menyimpulkan berita yang sampai kepada dirinya, dan sulit untuk menerima berita buruk atau tidak mudah percaya fitnah. Manusia yang memiliki sifat seperti ini kelak jasadnya tidak akan sanggup disentuh oleh api neraka.

2. Layyin
Golongan manusia kedua yang haram disentuh api neraka adalah Layyin. Layyin adalah orang yang selalu menginginkan kebaikan antar sesama umat manusia. Golongan Layyin punya sifat lembut dan santun baik dalam berbuat maupun dalam bertutur kata. Secara otomatis, manusia yang termasuk Layyin ini tidak kasar, tidak semaunya sendiri, dan segalanya tertata dengan baik. Ciri khas lain dari Layyin adalah tidak suka memaksakan pendapatnya sendiri ke orang lain.

Selain itu, golongan Layyin adalah orang yang lembut dan penuh kasih sayang. Layyin itu tidak pernah berbuat kasar atau marah-marah pada saudaranya sesama muslim tanpa alasan yang syar’i. Layyin juga adalah orang yang lemah lembut dan selalu menginginkan kebaikan untuk sesama manusia.

3. Qarib
Pasti kamu gak asing dengan istilah sahabat karib. Yak, kata karib dalam bahasa Indonesia memang diserap dari kata Qarib dalam bahasa Arab. Qarib yang dimaksud di sini juga punya pengertian yang sama seperti bahasa Indonesia, yaitu orang yang akrab, ramah diajak bicara, dan punya pribadi yang menyenangkan bagi semua orang. Golongan manusia Qarib juga senantiasa menebar senyum jika bertemu dengan orang lain dan tidak lupa selalu memberi salam.

Golongan manusia Qarib sangat mudah diajak berteman. Ia juga juga menyambung tali silaturahmi dan ukhuwah sesama umat muslim. Selain itu, orang ini juga supel dan tidak cuek dan mudah berpaling ke orang lain dan meninggalkan yang lain. Orang yang senantiasa ramah dan menebar senyum hangat inilah yang menghalangi api neraka untuk menyentuh jasadnya.

4. Sahl
Yang terakhir, adalah golongan manusia Sahl atau orang yang tidak suka mempersulit sesuatu, suka menolong, dan selalu punya solusi di setiap permasalahan. Orang tipe ini sangat cocok untuk dijadikan teladan abdi negara yang bekerja untuk melayani masyarakat. Orang Shal juga termasuk orang yang baik hati karena selalu memudahkan urusan setiap muslim dengan cara yang benar dan tidak pernah mempersulit urusan orang lain.

golongan manusia haram disentuh neraka
Golongan ini juga tidak suka berbelit-belit sehingga tidak membuat orang lain menghindar ketika bertemu dengannya. Perilaku Sahl yang selalu penuh pengabdian bisa dijadikan contoh bahwa tidak semestinya kita acuh dengan urusan orang lain. Tidak ada salahnya untuk selalu membantu orang lain selama yang urusan yang ditangani tidak merugikan orang lain dan melanggar syar’i.

Ke-4 golongan manusia yang haram disentuh neraka di atas bisa dijadikan contoh bahwa rahmat Allah sangat besar sehingga memungkinkan orang-orang dengan sifat tersebut bisa terhindar dari api yang panas. Jika kita merasa kesulitan untuk mencontoh keempatnya, setidaknya contohlah salah satu dari 4 golongan manusia ini dan tetap istiqomah di jalan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

sumber : islamkita.co

Belum ada Komentar untuk "Diharamkan Baginya Api Neraka... cek apakah kamu termasuk Inilah 4 golongan manusia yang haram disentuh api Neraka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel