Cek apakah kamu Termasuk ..?? Inilah Tanda - Tanda kamu orang yang IKHLAS

 

 

sumber foto : Nasional Tempo.co

Ikhlas adalah bentuk amalan hati yang tidak bisa dilihat dan salah satu syarat diterimanya suatu ibadah. Beramal atau beribadah dengan ikhlas adalah perbuatan yang dilakukan semata-mata karena Allah SWT, bukan kepada yang lain.

Dalam kitab Mu’jam al Wasith, ikhlas berarti jernih atau murni. Sedangkan menurut Al Jurjani dalam al ta’rifat, ikhlas berarti tidak mencari pujian dalam beramal.

Allah memerintahkan hamba-Nya untuk beramal dengan ikhlas seperti yang tercantum dalam surat Al Bayyinah ayat 5:

وَمَآ اُمِرُوْٓا اِلَّا لِيَعْبُدُوا اللّٰهَ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ ەۙ حُنَفَاۤءَ وَيُقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَيُؤْتُوا الزَّكٰوةَ وَذٰلِكَ دِيْنُ الْقَيِّمَةِۗ

Artinya: Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah dengan ikhlas menaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar melaksanakan salat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar).

Ada beberapa ciri-ciri orang yang ikhlas beramal. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan berikut!

Menurut Dzun Nun Al Misri dalam buku Ikhlas Tanpa Batas oleh 10 Ulama Psikologi Klasik, ada lima ciri-ciri orang yang ikhlas beramal, yaitu:
  1. Banyak mengisi waktu luang dengan amalan, contohnya berdzikir.
  2. Tidak mengingat kebaikan yang ia lakukan.
  3. Berani bersedekah meski hartanya sedikit.
  4. Nyaman tinggal di rumah kecil dan sempit.
  5. Ketika dipuji dan dihina sikapnya biasa saja.
Ciri-ciri orang yang ikhlas beramal juga dijelaskan dalam Alquran surat Al An’am ayat 162 yang berbunyi: “Sesungguhnya sembahyangku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan Semesta alam."

Allah juga kembali menegaskan dalam surat Al Furqon ayat 23, "Setiap orang yang beramal bukan karena Allah, maka amalan tersebut akan sia-sia."

Menurut pendapat Imam Fudhail bin Iyadh dalam buku Bebas Tes Surga Atau Neraka? oleh Muh. Akbar Nasrulah, orang yang ikhlas beramal bisa menyelamatkan dirinya dari dosa syirik dan penyakit hati. Sebaliknya, orang yang beramal karena manusia lain dianggap riya, sedangkan beramal untuk dipuji orang lain termasuk perbuatan syirik.

Niat seseorang menjadi tolak ukur dalam beramal. Apabila niatnya benar, maka amalan yang dihasilkan pun benar. Sebaliknya, jika niatnya sudah salah maka amalan yang dihasilkan akan rusak dan sia-sia.

Hal ini sesuai dengan hadist nabi dalam buku Akhlak terpuji dan Kisah-Kisahnya oleh Wahyu Waskito, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya semua amalan tergantung pada niatnya, dan sesungguhnya setiap orang hanya akan memperoleh balasan sesuai dengan yang ia niatkan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap orang yang melakukan ibadah harus selalu disertai rasa ikhlas karena Allah. Sebab, orang yang beramal dengan ikhlas akan mendapat ganjaran berupa surga di akhirat kelak.
Ada beberapa keutamaan yang bisa dipetik dari beramal dengan ikhlas. Apa saja?
Dikutip dari buku Bebas Tes Surga Atau Neraka?, keutamaan beramal dengan ikhlas adalah sebagai berikut:

  1. Semua amalannya diterima oleh Allah SWT.
  2. Terjaga dari penyakit hati.
  3. Menjadi hamba yang dicintai oleh Allah.
  4. Dimudahkan mendapat pertolongan Allah.
  5. Menyempurnakan iman manusia.
  6. Mendapat kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat.

sumber : Berita Hari Ini via kumparan.com

Belum ada Komentar untuk "Cek apakah kamu Termasuk ..?? Inilah Tanda - Tanda kamu orang yang IKHLAS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel