Pahalanya Besar ... Inilah Pahala yang di dapat ketika kita Menjenguk Seorang Muslim yang sedang sakit

sumber foto : IDN Times

Setiap manusia tentu saja pernah merasakan sakit, baik dari penyakit ringan maupun kronis. Ketika merasakan sakit tentu saja seseorang merasa tidak nyaman dan harus menahan rasa sakit tersebut.

Ada beberapa orang yang ketika sakit masih bisa menjalankan aktivitas atau tetap harus bekerja seperti biasanya. Namun, pada kondisi sakit berat, seseorang harus beristirahat total, mendapatkan pengobatan secara intensif, dan tidak dapat beraktivitas seperti biasa.

Ternyata, sakit yang dialami oleh seseorang tidak hanya dapat diatasi dengan pengobatan dan istirahat saja, tetapi dapat pula didoakan supaya lekas sembuh dan pulih seperti sediakala. Dalam ajaran Islam, terdapat beberapa doa yang dianggap mampu menyembuhkan orang sakit.

Tak hanya saat sakit, dalam Islam juga dianjurkan untuk selalu mendoakan hal-hal baik kepada orang lain. Selain ikhtiar pengobatan secara medis ataupun alternatif, membacakan doa juga dianjurkan dalam Islam untuk membantu kesembuhan orang yang sakit

Menjenguk orang sakit satu dari sekian amalan yang dianjurkan Allah SWT. Karena hal demikian sebagai bentuk kepedulian sesama manusia. Menjenguk orang sakit satu dari sekian amalan yang dianjurkan Allah SWT. Karena hal demikian sebagai bentuk kepedulian sesama manusia.

Bahkan Rasulullah SAW menjadikan menjenguk orang sakit sebagai hak muslim terhadap muslim lain supaya dilakukan.

Hal ini disampaikan dalam hadist riwayat Muslim.


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ - رضي الله عنه - قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - حَقُّ اَلْمُسْلِمِ عَلَى اَلْمُسْلِمِ سِتٌّ: إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ, وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ, وَإِذَا اِسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْهُ, وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اَللَّهَ فَسَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ, وَإِذَا مَاتَ فَاتْبَعْهُ - رَوَاهُ مُسْلِمٌ

"Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, 'Hak muslim kepada muslim lain ada enam,' yakni apabila engkau bertemu ucapkanlah salam kepadanya, apabila engkau diundang, penuhilah undangannya, apabila engkau dimintai nasihat, berilah nasihat kepadanya, apabila dia bersin lalu dia memuji Allah (mengucapkan hamdalah atau alhamdulillah), doakanlah dia (dengan mengucapkan yarhamukallah), apabila dia sakit jenguklah dia, dan apabila dia meninggal dunia, iringilah jenazahnya."

Selain dapat meringankan beban si penderita sakit, menjenguk orang sakit juga memiliki pahala.

Pahalanya berupa doa mustajab dari tujuh puluh malaikat.

Hal ini diterangkan dalam hadist yang disampaikan Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu Anhu.

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَعُودُ مُسْلِمًا غُدْوَةً إِلَّا صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ وَإِنْ عَادَهُ عَشِيَّةً إِلَّا صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ وَكَانَ لَهُ خَرِيفٌ فِي الْجَنَّةِ

"Tidaklah seorang muslim yang menjenguk muslim lainnya di pagi hari kecuali ada 70 ribu malaikat yang mendoakannya hingga sore hari. Dan jika menjenguknya di sore hari, ada 70 ribu malaikat yang mendoakannya hingga pagi, dan baginya satu kebun di surga." (HR Al Tirmidzi).

Setelah mengetahui keutamaan dan besaran pahala menjenguk orang sakit, berikut ada sebuah doa menjenguk orang sakit lengkap Arab latin dan artinya.

اَللّٰهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لاَشِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا , امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ , أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

Allaahumma rabban naasi adzhibil ba’ sa, wasyfi antasy syaafii laa syifaa-a illaa syifaa-uka syifaa-an laa yughaadiru saqaaman, Imsahil ba’sa rabban naasi. Bi yadikas syifaa’u laa kaasyifa lahuu illaa anta, As’alullaahal azhiima rabbal arsyil azhiimi an yassfiyaka.

"Ya Allah Wahai Rabb segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, dan sembukanlah penyakitnya, (hanya) Engkau lah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, melainkan kesembuhan yang tidak akan menyisakan penyakit lagi, Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu, tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau, Aku memohon kepada Allah Yang Agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu."

Demikian bacaan doa menjenguk orang sakit, semoga bermanfaat

sumber : Muhammad Khoiru Anas | Editor: abduh imanulhaq


Belum ada Komentar untuk "Pahalanya Besar ... Inilah Pahala yang di dapat ketika kita Menjenguk Seorang Muslim yang sedang sakit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel