Bukan hanya Bekerja saja.. Inilah 8 Pintu REZEKI yang Allah SWT jamin kepada Hambanya yang dijelaskan di dalam Al-Quran

 

sumber foto : Firman Pratama

Sahabat Fillah mungkin berpikir bahwa rezeki hanya berupa uang atau materi lainnya. Padahal, agama Islam telah menjelaskan perkara rezeki dengan jelas dalam Alquran dan pintu rezeki yang dimaksud ada banyak jenisnya.

Jadi, tak hanya berbentuk harta dan benda, tetapi masih banyak hal yang lainnya. Namun yang jelas, Islam mengajarkan bahwa rezeki datangnya dari Allah SWT. Meski manusia yang berusaha dan bekerja, tetapi segala sesuatunya, termasuk rezeki, semua telah ditetapkan Allah SWT.

Sebagaimana dalam Alquran, Allah SWT berfirman yang artinya, “Allah-lah yang menciptakan kamu, kemudian memberimu rezeki lalu mematikanmu, kemudian menghidupkanmu (kembali). Adakah diantara yang kamu sekutukan dengan Allah itu dapat berbuat demikian? Maha Suci Dia dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutuan.” (QS. Ar-Rum: 40)

Pintu Rezeki Menurut Alquran
Dalam ayat lainnya, juga telah diterangkan bahwa, “Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluan) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkarinya (nikmat Allah).” (QS. Ibrahim : 34)

Lalu, apa saja kah yang termasuk pintu rezeki dalam Alquran? Simak selengkapnya

1. Pintu Rezeki yang Dijamin Allah
Sesungguhnya, rezeki seluruh makhluk yang ada di bumi ini telah dijamin oleh Allah SWT. Jadi, Sahabat Fillah sebagai manusia tidaklah perlu khawatir akan merasa kekurangan karena Allah telah menjaminnya selalu cukup.

Hal ini tertera dalam Alquran Surat Hud ayat 6 yang berbunyi, “Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuz).”

2. Pintu Rezeki karena Berusaha
Pintu rezeki berikutnya yang telah diterangkan dalam Alquran, yaitu rezeki karena berusaha. Maksudnya adalah manusia tetap perlu usaha, meski rezeki sudah dijamin oleh Allah.

Tidak ada yang instan di dunia ini, termasuk dalam mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Berusahalah dengan giat, dengan cara bekerja atau berbisnis. Maksimalkan tenaga dan ide yang Allah anugerahkan untuk berusaha mencari rezeki dan janganlah bermalas-malasan.

Allah SWT berfirman, “dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya, dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya). Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna,” (QS. An-Najm ayat 39-41).

3. Pintu Rezeki karena Beristighfar, Memohon Ampun
Sahabat Fillah pasti setuju bahwa akan ada banyak tantangan yang mungkin muncul selama mencari rezeki. Baik saat mencari rezeki dengan cara bekerja atau pun berbisnis, masing-masing memiliki rintangannya tersendiri.

Datangnya ujian ketika mencari rezeki mungkin karena banyaknya keburukan yang telah ketika lakukan.

Saat Sahabat Fillah merasa sedang diuji ketika mencari rezeki, janganlah berputus asa. Teruslah berusaha dan coba untuk meminta ampun kepada Allah dengan cara beristighfar.

Hal ini karena Allah SWT akan membukakan pintu rezeki kepada hamba-Nya yang beristighfar. Sebagaimana firman Allah dalam dalam Quran Surat Nuh ayat 10-12 yang artinya,

“Maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu (istighfar), sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.”

4. Pintu Rezeki karena Bersyukur pada Allah
Pintu rezeki yang tertera dalam Alquran lainnya ialah rezeki karena bersyukur pada Allah.

Dengan senantiasa mengucapkan rasa syukur, Allah SWT pun akan mendatangkan rezeki bagi umat-Nya. Sebagaimana firman Allah dalam Alquran berikut ini.

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS. Ibrahim ayat 7).

Namun, janganlah bersyukur pada saat lapang saja, tetapi ketika merasa sulit atau sempit, sebaiknya manusia juga tetap bersyukur. Karena sesungguhnya, Allah akan mendatangkan rezeki bagi siapa saja yang bersyukur pada-Nya.

Jadi, pandai-pandailah bersyukur ya, Sahabat Fillah .

5. Pintu Rezeki karena Bersedekah
Pintu rezeki karena bersedekah sudah banyak dibuktikan oleh umat Islam. Hal ini karena saat Sahabat Fillah bersedekah secara ikhlas, Allah SWT akan menggantikan sedekah yang telah dikeluarkan dengan rezeki berlipat.

Hal ini telah diterangkan dalam Alquran Surat Al-Baqarah ayat 245 yang berbunyi, “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.”

Tak hanya membawa rezeki, sedekah juga dapat menjadi cara bagi umat Islam untuk bersilaturahmi dengan sesamanya. Maka, janganlah ragu untuk bersedekah karena amalan ini membawa banyak hikmah di dalamnya Sahabat Fillah .

6. Pintu Rezeki yang Datangnya Tak Disangka
Sahabat Fillah mungkin pernah mendapatkan rezeki dari arah yang tak disangka-sangka bukan?
Misalnya ketika Sahabat Fillah sedang merasa putus asa karena merasa kesulitan dalam mencari rezeki, disitulah cara Allah bekerja membukakan pintu rezeki dari sesuatu yang Sahabat Fillah sendiri bertanya dari mana asalnya.

Hal ini karena Allah memang telah menjamin kebutuhan setiap umat-Nya untuk selalu tercukupi. Allah SWT juga Maha Baik sehingga rezeki yang Sahabat Fillah peroleh bisa dari mana pun.

Sebagaimana firman-Nya dalam Alquran yang artinya, “Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. At-Thalaaq ayat 3).


7. Pintu Rezeki karena Menikah
Pintu rezeki lain yang akan dibukakan oleh Allah SWT adalah saat umat-Nya menikah. Setiap laki-laki dan perempuan yang memutuskan untuk beribadah kepada Allah dengan cara menikah, maka saat itulah Allah SWT mencukupkan rezeki mereka.

Allah berfirman dalam Alquran Surat An-Nur ayat 32 yang berbunyi, “Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.”.

8. Pintu Rezeki karena Memiliki Anak
Tak hanya karena menikah, Allah SWT juga akan membukakan pintu rezeki ketika hamba-Nya dikaruniai anak.

Sebagaimana yang telah diterangkan dalam Alquran Surat Al-Isra’ ayat 31 yang artinya, “Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar.”

Jadi, Sahabat Fillah dan Dads tidak perlu khawatir dan menjadikannya sebagai masalah karena setiap anak akan memiliki rezekinya sendiri.

Itulah delapan pintu rezeki yang telah diterangkan Allah SWT dalam Alquran. Meski telah Allah jamin, teruslah berupaya dalam mencari rezeki yang halal dan berkah ya, Sahabat Fillah

sumber : orami.co.id

Belum ada Komentar untuk "Bukan hanya Bekerja saja.. Inilah 8 Pintu REZEKI yang Allah SWT jamin kepada Hambanya yang dijelaskan di dalam Al-Quran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel