7 Tingkatan Neraka yang perlu kamu ketahui... Inilah 7 tingkatan neraka yang mesti kalian ketahui beserta orang-orang yang akan menghuninya

sumber foto : PDF COFFEE.com
 

Neraka adalah tempat di mana orang-orang yang senang menantang syariat Allah SWT, melakukan segala hal yang dilarang oleh Agama Islam, sekaligus mendustakan para rasul-Nya. Pada intinya, neraka adalah penjara di akhirat dengan segala siksaan yang sesuai dengan apa yang dilakukan umat manusia semasa di dunia.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Hijr ayat 43-44 yang artinya:
"Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut syaitan) semuanya. Jahannam itu mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka."

Neraka adalah tempat paling buruk untuk ditinggali. Makanya, semasa hidup di dunia sudah seharusnya kita menjalaninya dengan bersungguh-sungguh mengikuti ajaran Islam dengan baik.
Dilansir dari NU.or.id pada Minggu (16/8/2020), ada beberapa tingkatan neraka yang mesti kalian ketahui berikut ini sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan di dalam Alquran.
1. Neraka Jahanam
Mayoritas ulama tafsir, menyebut bahwa Jahanan adalah tingkatan teratas neraka yang dikhususkan bagi umat Muslim yang selalu berbuat maksiat.
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Isra ayat 8 yang artinya:

"Mudah-mudahan Tuhanmu akan melimpahkan rahmat(Nya) kepadamu; dan sekiranya kamu kembali kepada (kedurhakaan) niscaya Kami kembali (mengazabmu) dan Kami jadikan neraka Jahannam penjara bagi orang-orang yang tidak beriman."

2. Neraka Lazha
Menurut Mujahid dalam tafsirnya, kata Lazha berarti menyala-nyala. Mereka yang akan menjadi penghuni neraka Lazha adalag mereka yang mendustakan Alquran.
Ketamakan dan terlalu mencintai duniawi, orang-orang seperti inilah yang juga akan mengisi neraka Lazha.
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Lail ayat 14-16 yang artinya:
"Maka, kami memperingatkan kamu dengan neraka yang menyala-nyala. Tidak ada yang masuk ke dalamnya kecuali orang yang paling celaka, Yang mendustakan (kebenaran) dan berpaling (dari iman)."

3. Neraka Huthamah
Calon penghuni neraka Huthamah adalah kelakuan manusia yang sekarang menjadi kebiasaan, yaitu gibah. Mereka yang mulutnya terbiasa mengumpat dan bergosip akan dibakar dengan panasnya api neraka yang beribu-ribu kali lipat panasnya dari api di dunia.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Humazah ayat 4-8 yang artinya:
"Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, Yang (membakar) sampai ke hati. Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka."

4. Neraka Sa'ir
Ini adalah tempat di mana para penghuninya selalu mendustakan pemberi peringatan, sekaligus orang-orang yang suka membantah tentang Allah SWT tanpa ulmu pengetahuan.
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Fathir ayat 6-7 yang artinya:
"Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh bagimu, maka anggaplah ia musuh(mu), karena sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala. Orang-orang yang kafir bagi mereka azab yang keras. Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh bagi mereka ampunan dan pahala yang besar."

5. Neraka Jahim
Orang yang selalu mendustakan ayat-ayat Allah SWT akan menjadi penghuni neraka Jahim.
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Maidah ayat 10 yang artinya:
"Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu adalah penghuni neraka."

Tak hanya itu, mereka yang juga menyembah selain Allah SWT atau mereka yang tersesat pun akan dimasukkan ke dalam neraka Jahim.
Allah SWT berfirman dalam QS. Asy-Syura ayat 91-94 yang artinya:
"Dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat. Dan dikatakan kepada mereka: "Dimanakah berhala-berhala yang dahulu kamu selalu menyembah(nya). Selain dari Allah? Dapatkah mereka menolong kamu atau menolong diri mereka sendiri?" Maka mereka (sembahan-sembahan itu) dijungkirkan ke dalam neraka bersama-sama orang-orang yang sesat."

6. Neraka Saqar
Umat Islam pasti tahu kalau salat adalah tiang agama. Jika mereka yang tidak melaksanakannya, maka mereka telah mencoba untuk merobohkan tiang agama itu sendiri.
Nah, neraka Saqar ada untuk mereka yang tidak menjalankan salat dan tidak menyantuni orang miskin.
Allah SWT berfirman dalam QS. Muddatsir ayat 42-46 yang artinya:
"Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?" Mereka menjawab: "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan salat. Dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin. an adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya. Dan adalah kami mendustakan hari pembalasan."

7. Neraka Hawiyah
Disebutkan dalam banyak riwayat, neraka Hawiyah adalah tingkatan neraka yang paling bawah. Di sanalah orang-orang munafik berada. Orang-orang yang selalu ikrar beriman, namun hatinya adalah orang yang kufur.

Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nisa ayat 145 yang artinya:
"Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka."

Nah, itulah nama tingkatan-tingkatan neraka yang menjadi tempat paling mengerikan dan menakutkan di akhirat. Pada akhirnya, segalah hal yang dilakukan selama di dunia adalah cara kita untuk meraih tempat yang seharusnya di akhirat kelak, baik itu surga maupun neraka.
Semoga kita semua bisa terhindar dari panasnya api neraka, ya. Aamin.


Hijab Lifestyle via kumparan

Belum ada Komentar untuk "7 Tingkatan Neraka yang perlu kamu ketahui... Inilah 7 tingkatan neraka yang mesti kalian ketahui beserta orang-orang yang akan menghuninya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel