Bergembiralah wahai saudaraku,,, Inilah hikmah bagi seseorang yang sakit atau yang tertimpa musibah atau ujian

 TERSENYUMLAH SAAT SAKIT..


*ALLAH 'AZZA WA JALLA telah berfirman* :
"Apakah manusia itu mengira bahwa mereka akan dibiarkan mengatakan : "Kami telah beriman",,,, sedangkan mereka tidak akan diuji kembali...???" (QS. 29 : 2)
Bergembiralah wahai saudaraku,,, bagi seseorang yang sakit atau yang tertimpa musibah atau ujian,,,, yaitu apabila mereka menyikapinya dengan IKHLAS,,,, SABAR,,,, RIDHA serta tidak buruk sangka kepada ALLAH TA'ALA,,,, maka mereka itu akan :
*(1). DIAMPUNI DOSA-DOSANYA*
"Senantiasa ujian itu akan ditimpakan kepada seorang mukmin dan mukminah,,,, baik pada dirinya,,,, anaknya dan hartanya,,,, sampai dia bertemu ALLAH tanpa punya kesalahan"..
(HR. At-Tirmidzi, Ahmad dan al-Hakim, Shahiihut Targhiib no. 3414).
"Tidaklah muslim itu tertimpa rasa letih,,,, penyakit,,,, bingung,,,, sedih,,,, rasa sakit,,,, duka cita,,,, bahkan duri yang mengenai dirinya,,, melainkan dengan itu ALLAH pun gugurkan kesalahan-kesalahannya".
(HR. Bukhari no. 5642 dan Muslim no. 2573)
*(2). SEMAKIN DICINTAI ALLAH*
"Sesungguhnya besarnya pahala akan sesuai dengan besarnya cobaan,,,, dan sesungguhnya apabila ALLAH itu telah mencintai suatu kaum maka Dia pun akan menguji mereka. Oleh karena itu,,, barangsiapa yang RIDHA,,, maka baginya KERIDHAAN (ALLAH),,,, serta barangsiapa yang murka maka baginya kemurkaan (ALLAH)"
(HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah, Shahiihut Targhiib wat Tarhiib no. 3407)
*(3). DITINGGIKAN DERAJAT*
"Sesungguhnya seorang hamba apabila telah ditetapkan oleh ALLAH TA'ALA suatu kedudukan baginya,,, kemudian dia pun tidak dapat mencapai (kedudukan itu) dengan amal perbuatannya,,,, maka ALLAH pun akan memberikannya ujian pada tubuh,,,, harta atau anaknya,,,, kemudian dia pun bersabar atas ujian tersebut,,,, hingga ALLAH TA'ALA menyampaikannya pada kedudukan yang telah ditetapkan untuknya dari ALLAH"...
(HR. Ahmad, Abu Dawud, ath-Thabrani dan Abu Ya'la, lihat Shahiihut Targhiib wat Tarhiib no. 3409)
*(4). MENDAPATKAN SURGA*
"ALLAH SUBHANAHU WA TA'ALA berfirman : "Wahai anak Adam,,,, jika kamu BERSABAR dan IKHLAS saat tertimpa musibah,,,, maka Aku pun tidak akan MERIDHAI bagimu sebuah pahala kecuali SURGA"..
(HR. Ibnu Majah no. 1597, lihat Takhrij Misykaatul Mashaabiih no. 1758)
*(5). KESELAMATAN DARI API NERAKA*
"Beritakanlah kabar gembira,,,, sungguh ALLAH 'AZZA WA JALLA berfirman : "Penyakit itu adalah api-Ku yang Aku telah timpakan kepada hamba-Ku yang mukmin di dunia,,,, agar dia dapat selamat dari api NERAKA di AKHIRAT"...
(HR. Ahmad II/440, dan Ibnu Majah no. 3470, serta al-Hakim I/345, lihat Silsilah ash-Shahiihah no. 557)
*(6). MENDAPATKAN KEBAIKAN*
"Barangsiapa yang dikehendaki oleh ALLAH untuk dia mendapatkan kebaikan,,,, maka akan ditimpakan musibah (ujian) kepadanya"...
(HR. Bukhari no. 5645)
"Apabila Allah menghendaki kebaikan pada diri hamba-Nya,,,, maka Dia pun akan menyegerakan untuknya ujian di dunia (sebagai pelebur akan dosa-dosanya). Dan jika ALLAH menghendaki keburukan pada diri seorang hamba-Nya,,,, maka Dia akan mengakhirkan ujian lantaran dosa-dosanya,,,, hingga dia didatangkan dengan membawa dosa-dosa itu kelak pada hari Kiamat"...
(HR. At-Tirmidzi no. 2396 dan Ibnu Majah no. 4031, lihatlah Silsilah ash-Shahiihah no. 1220)
*(7, 8, 9). MENDAPATKAN KEBERKAHAN DAN RAHMAT SERTA PETUNJUK*
"Mereka itulah (orang2 yang tertimpa sakit,,,, ujian atau musibah) yang akan mendapat keberkahan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, serta mereka itulah orang2 yang mendapat petunjuk"...
(QS. Al-Baqarah [2]: 157)
*(10). DAPAT PAHALA TANPA BATAS*
"Sesungguhnya hanya orang-orang yang BERSABARLAH yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas"...
(QS. Az-Zumar:10)
"Manusia yang sehat pada hari Kiamat nanti sangat menginginkan kulitnya agar dipotong-potong dengan gunting ketika di dunia,,,, karena mereka melihat betapa besarnya pahala dari orang-orang yang tertimpa ujian di dunia"
(HR. At-Tirmidzi no. 2402, lihat ash-Shahiihah no. 2206)
✍ Ustadz Najmi Umar Bakkar.

Belum ada Komentar untuk "Bergembiralah wahai saudaraku,,, Inilah hikmah bagi seseorang yang sakit atau yang tertimpa musibah atau ujian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel